Ushanka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Ushanka (juga sering disebut shapka, yang berarti "topi") adalah topi tradisional Rusia yang digunakan untuk musim dingin. Topi ini memiliki penutup telinga sehingga dapat menghangatkan telinga, tengkuk, bagian belakang leher, dan bisa diikat di dagu. Dari segi bahasa, Ushanka memiliki makna lebih pada "topi yang menutupi telinga". Jadi sebenarnya, akan kurang tepat jika disebut shapka saja. Ushanka sendiri diambil dari kata "ushi" (уши) yang artinya telinga.

Topi musim dingin ini sangat populer di Rusia dan digunakan juga oleh banyak orang di Cina, Korea Utara, negara-negara di Eropa Timur dan negara-negara bekas Uni Soviet. Ushanka ini terbuat dari kulit dan bulu-bulu hewan, seperti domba, kelinci, rubah kutub utara, sampai tikus kesturi. Tak hanya berfungsi sebagai pelindung kepala dari udara dingin, ushanka juga membuat pemakainya tampil menarik.

Ushanka telah berabad-abad lamanya digunakan oleh orang Rusia dalam menghadapi musim dingin yang ganas di wilayahnya. Hingga kini, ushanka telah banyak ragam bentuk dan warna, serta biasa dijual sebagai oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke Rusia.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Inilah Rusia: Ushanka