Universitas Waterloo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kanada adalah salah satu negara dengan sistem pendidikan tinggi terbaik di dunia. Salah satu universitas terkemuka di Kanada adalah Universitas Waterloo Kanada. Universitas ini terkenal karena program-program studi dan riset yang berkualitas tinggi dan fasilitas modern yang mendukung kegiatan akademik dan riset.

Minota Hagey Residence, salah satu dari delapan asrama di kampus utama universitas

Sejarah Universitas Waterloo Kanada[sunting | sunting sumber]

Universitas Waterloo Kanada didirikan pada tahun 1957 oleh sekelompok pengusaha dan akademisi yang berusaha menciptakan sebuah universitas yang fokus pada pendidikan teknik dan sains. Dalam beberapa tahun kemudian, Universitas Waterloo Kanada terus berkembang dan menawarkan program studi di bidang-bidang seperti teknik, sains, matematika, dan ilmu sosial.

Fakultas dan Program Studi[sunting | sunting sumber]

Universitas Waterloo Kanada menawarkan berbagai program studi yang berkualitas tinggi di berbagai fakultas, antara lain:

Fakultas Teknik[sunting | sunting sumber]

Fakultas Teknik merupakan fakultas terbesar di Universitas Waterloo Kanada dan menawarkan berbagai program studi teknik, seperti Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Mesin, dan Teknik Kimia.

Fakultas Sains[sunting | sunting sumber]

Fakultas Sains menawarkan program studi di bidang-bidang seperti Fisika, Biologi, Kimia, Matematika, dan Ilmu Komputer.

Fakultas Matematika[sunting | sunting sumber]

Fakultas Matematika menawarkan program studi Matematika, Statistik, dan Aktuaria.

Fakultas Lingkungan[sunting | sunting sumber]

Fakultas Lingkungan menawarkan program studi yang fokus pada lingkungan, seperti Ilmu Lingkungan, Studi Lingkungan, dan Pengelolaan Lingkungan.

Fakultas Seni[sunting | sunting sumber]

Fakultas Seni menawarkan program studi di bidang-bidang seperti Sastra, Sejarah, dan Studi Budaya.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Universitas Waterloo Kanada memiliki fasilitas yang lengkap dan modern untuk mendukung kegiatan akademik dan riset. Beberapa fasilitas yang tersedia di Universitas Waterloo Kanada adalah:

Perpustakaan[sunting | sunting sumber]

Perpustakaan Universitas Waterloo Kanada memiliki koleksi buku dan jurnal yang lengkap dan modern serta akses ke database online.

Laboratorium[sunting | sunting sumber]

Universitas Waterloo Kanada memiliki laboratorium yang lengkap dan modern untuk mendukung kegiatan riset dan pengajaran.

Fasilitas Olahraga[sunting | sunting sumber]

Universitas Waterloo Kanada memiliki berbagai fasilitas olahraga yang lengkap, seperti kolam renang, lapangan tenis, dan pusat kebugaran.

Biaya Kuliah[sunting | sunting sumber]

Biaya kuliah di Universitas Waterloo Kanada untuk mahasiswa internasional berkisar antara CAD 25.000 hingga CAD 40.000 per tahun.[1] Biaya tersebut sudah termasuk biaya kuliah, biaya hidup, dan biaya asuransi kesehatan.

Beasiswa[sunting | sunting sumber]

Universitas Waterloo Kanada menawarkan berbagai beasiswa untuk mahasiswa yang memenuhi persyaratan tertentu, seperti prestasi akademik yang baik atau kebutuhan finansial. Beasiswa tersebut dapat menutupi biaya kuliah, biaya hidup, dan biaya lainnya. Ada banyak jalur beasiswa untuk memulai kuliah di universitas ini. Universitas membuka kesempatan beasiswa dari pemerintah Kanada, pemerintah negara lain, perusahaan swasta, dan yayasan filantropi.

Murid Asal Indonesia Peraih Beasiswa di Universitas Waterloo[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2016, ada seorang murid pria asal Indonesia berusia 12 tahun yang menerima beasiswa dan berkuliah di Universitas Waterloo. Nama murid tersebut Cendekiawan Suryatmaja (Diki).[2] Pria asal Bogor tersebut mengambil jurusan Fisika dan mengikuti kelas tambahan Matematika, Kimia, dan Ekonomi. Diki memperoleh beasiswa lewat jalur prestasi akademik di bidang Fisika. Diki mendapat pembinaan langsung dari Profesor Yohanes Surya.

Tabel Fakultas dan Sekolah Vokasi[sunting | sunting sumber]

Fakultas dan Sekolah Vokasi Universitas Waterloo
Fakultas Kesehatan Seni Rekayasa Lingkungan Matematika Sains
Sekolah Sekolah Kesehatan Masyarakat dan Sistem Kesehatan Sekolah Akuntansi dan Keuangan Sekolah Desain dan Bisnis Interaksi Stratford Sekolah Urusan Internasional Balsillie Sekolah Pekerjaan Sosial Renison Sekolah Arsitektur Sekolah Kewirausahaan dan Bisnis Conrad Sekolah Lingkungan, Kewirausahaan dan Pembangunan Sekolah Lingkungan, Sumber Daya dan Keberlanjutan Sekolah Perencanaan Sekolah Ilmu Komputer David R. Cheriton Sekolah Ilmu Optometri dan Visi Sekolah Farmasi

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Waterloo Undergraduate Student First Year Tuition and Fees". University of Waterloo. Diakses tanggal 23 Maret 2023. 
  2. ^ "Bocah Indonesia Berusia 12 Tahun Kuliah di Kanada". DW Com. 7 September 2016. Diakses tanggal 23 Maret 2023.