Universitas Sunan Bonang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Universitas Sunan Bonang
JenisPerguruan Tinggi Swasta
Didirikan17 Maret 1982
Lembaga induk
Yayasan Abdi Negara
RektorDr. Sulistyani Eka Lestari S.H., M.H.
Lokasi
Warna  Biru
Nama julukanUNANG
Situs webusb.ac.id


Universitas Sunan Bonang (sering disingkat UNANG) adalah sebuah perguruan tinggi swasta nasional di Tuban, Jawa Timur, Indonesia. Universitas Sunan Bonang Tuban (USB) berada di bawah naungan Yayasan Abdi Negara. Pertama kali keberadaan Universitas Sunan Bonang diawali oleh pendirian Fakultas Hukum yang beroperasi berdasarkan SK Dirjen Dikti Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI tanggal 17 Maret 1982 dengan jenjang Pendidikan Sarjana Muda Ilmu Hukum.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejalan dengan peraturan pemerintah bahwa suatu bentuk universitas minimal harus memiliki 3 (tiga) fakultas maka berdasarkan Keputusan Dirjen Dikti tanggal 1 Januari 1984 dibuka dua program studi yaitu Prodi Teknik Sipil dan Prodi Budidaya Pertanian. Kemudian berdasarkan Keputusan Dirjen Dikti No. 275/DIKTI/KEP/1993 tanggal 10 Mei 1993 ketiga fakultas tersebut untuk pertama kalinya memperoleh Status Terdaftar masing-masing untuk jenjang pendidikan Sarjana S1.

Program Studi Agroteknologi (Budidaya Pertanian) juga telah memperoleh perpanjangan ijin operasional berkala, yaitu perpajangan ijin operasional dari DIKTI No. 10237/D/T/K-VII/2012 tanggal 27 Januari 2012. Selanjutnya Program Studi Agroteknologi USB telah terakreditasi oleh BAN PT No. 051/SK/BAN-PT/Ak-XV/S/II/2013 tanggal 14 Februari 2013 yang berlaku sampai tanggal 14 Februari 2018.

Fakultas[sunting | sunting sumber]

  • Fakultas Hukum
  1. Program Studi Hukum
  • Fakultas Pertanian
  1. Program Studi Agroekoteknologi
  • Fakultas Teknik
  1. Program Studi Teknik Sipil
  2. Program Studi Teknik Kimia