Universitas Islam Sumatera Utara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Universitas Islam Sumatera Utara
Didirikan 07 Januari 1951
Jenis Perguruan tinggi Islam swasta di Indonesia
Rektor Dr. Ir. Mhd. Asaad, M.Si.
Lokasi Medan
Situs web http://www.uisu.ac.id

Universitas Islam Sumatera Utara adalah sebuah Perguruan tinggi Islam di Indonesia dan tertua di Pulau Sumatera. Kampus Terletak di Jl. Sisingamangaraja Teladan Kecamatan Medan Kota.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Universitas Islam Sumatera Utara disingkat UISU didirikan pada tanggal 7 Januari 1951, merupakan perguruan tinggi pertama yang berdiri di luar pulau Jawa, yang dipelopori oleh oleh tokoh pemuda pemudi islam saat itu, yaitu Bahrum Djamil, Adnan Benawi, Sariani AS, Rivai Abdul Manaf Nasution, dan Sabaruddin Ahmad. UISU pada mulanya membuka kelas persiapan Akademi Islam Indonesia (setara dengan kelas III SMA bagian A) dan selanjutnya dengan dukungan Bapak Abd. Hakim (Gubernur Sumatera Utara saat itu) dan Bapak K.H. A. Wahid Hasyim (Menteri Agama saat itu) Akademi Islam Indonesia diubah menjadi Perguruan Tinggi Islam Indonesia (PTII) dan dimulailah peresmian kegiatan perkuliahan pertama pada 7 Januari 1952 pada Fakultas Hukum dan Ilmu Kemasyarakatan. Selanjutnya tanggal 7 Januari 1952 Miladiah bertepatan 9 Rabiul Awal 1371 Hijriah dijadikan sebagai hari jadi PTII yang selanjutnya berubah menjadi Universitas Islam Sumatera Utara dan mendapatkan pengesahan dari Mendikbud RI No. 0677/U/1977 tanggal 31 Desember 1977. Dengan perjuangan dan tekad yang kuat dari seluruh sivitas akademika UISU dan dukungan dari pemerintah, ulama dan masyarakat, saat ini UISU mengelola 9 Fakultas dan 26 Program Studi S-1, 3 Program Studi S-2, dan 1 Program Studi S-3 Ilmu Ekonomi dan Kebijakan kerjasama UISU dengan UII Jogjakarta.

Tahun Berdiri Fakultas Jurusan
Hukum Ilmu Hukum
Magister Hukum
Agama Islam
Ekonomi
Magister Management
26 Februari 1957 Sastra Sastra Inggris
Magister Sastra Inggris
Teknik Teknik Mesin
Teknik Elektro
Teknik Sipil
Teknik Industri
Teknik Informatika
Kedokteran
Pertanian
Sosial Politik
Keguruan

Fakultas Sastra[sunting | sunting sumber]

Fakultas Sastra UISU adalah salah satu Fakultas di lingkungan Universitas Islam Sumatera Utara yang berstatus badan hukum “Yayasan Universitas Islam Sumatera Utara”. Fakultas Sastra UISU yang berdiri tanggal 26 Februari 1957 dan berkedudukan di Medan, merupakan Fakultas Sastra tertua di Sumatera. Fakultas Sastra UISU mendapat status terdaftar dari Departemen PTIP Nomor: 6/B-/SWT/P/62 tanggal 21 Januari 1963. Pada bulan Juni hingga Desember 1964, Fakultas Sastra UISU bergabung dengan FKSS (Fakultas Sastra dan Seni), dan sejak tahun 1965 hingga sekarang kembali berdiri sendiri menjadi Fakultas Sastra dengan mengasuh dua jurusan: Sastra Inggris dan Sastra Indonesia. Jumlah Alumni tingkat Sarjana Muda program lama sampai tahun 1985 sebanyak 252 orang dan Alumni Sarjana hingga bulan akhir Juli 2011 telah mencapai 2294 orang. Jurusan Sastra Inggris terakreditasi dengan predikat Akreditasi “C” (Nomor Sertifikat Akreditasi: 01385/AK-II.1/UIHSGN/XII/1998 tanggal 22 Desember 1998 dan pada akreditasi kedua Program Studi Sastra Inggris mendapat peringkat Akreditasi “B” sesuai dengan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor: 010/BAN-PT/Ak.V/S1/VI/2002) tanggal 10 Juni 2002. Pada akreditasi ketiga memperoleh peringkat Akreditasi ”C” sesuai dengan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor: 027//BAN-PT/Ak.XI/S1/X/2008) tanggal 30 Oktober 2008.

Susunan Pimpinan yang pernah menjadi Dekan Fakultas Sastra UISU sebagai berikut:

No. Nama Dekan Masa Bakti
1. Miss Puspa Mohtani 1957 – 1959
2. Sultan Maricar, B.A. 1959 – 1963
3. M.Yahya Rowter, M.A. 1963 - 1990
4. Drs. H. Jumino Suhadi, M.A. 1990 – 1993
5. Drs. H. Jumino Suhadi, M.A. 1993 – 1994
6. Drs. Misran Sudiono, M.A. 1994 – 1996 (Pj. Dekan)
7. Drs. Misran Sudiono, M.A. 1996 – 1999
8. Drs. Darman Sitepu, M.A. 1999 (Pj. Dekan)
9. Drs. H. Jumino Suhadi, M.A., Ph.D. 1999 – 2003
10. Drs. Darman Sitepu, M.A. 2003 – 2007
11. Drs. H. Darman Sitepu, M.A. 2007 – 2011
12. Purwarno, SS, MA. 2012 – 2016

Fakultas Sastra UISU adalah Fakultas Sastra yang Islami,handal, teruji, bermartabat mulia, dicintai oleh masyarakat dan diridhai Allah SWT dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang ilmu bahasa dan sastra dan Dakwah Islamiah. Kata-kata Islami, Andal,Teruji, bermartabat mulia, dan dicintai masyarakat merupakan kata-kata kunci dan masing-masing kata tersebut bermakna: Islami: Sivitas Akademika Fakultas Sastra UISU memiliki keilmuan, ketaqwaan dan akhlak mulia sehingga membawa rahmat dan kesejahteraan bagi seluruh alam semesta beserta isinya. Fakultas Sastra UISU mengharapkan seluruh sivitas akademikanya memiliki nilai-nilai luhur Islami yang harus terwujud pada pengaplikasian ilmu yang diperolehnya dan juga memiliki prilaku kecendikiawanan. Andal: Sivitas Akademika Fakultas Sastra UISU merupakan personal yang reliable dan profesional. Fakultas Sastra UISU mengharapkan seluruh sivitas akademikanya menjadi personal yang cerdas, disiplin, mandiri, kreatif, inovatif, mampu bekerja dalam tim, jujur dan adil serta bertanggung jawab dalam menjalankan tugasnya. Teruji : Sivitas Akademika Fakultas Sastra UISU merupakan personal yang tangguh, memiliki konsistensi dan kompetensi yang baik pada bidang Bahasa dan Sastra Inggris. Fakultas Sastra UISU mengharapkan seluruh sivitas akademikanya menjadi personal yang tangguh dan mampu memberikan solusi bagi setiap permasalahan baik pribadi, institusi, maupun masyarakat, konsisten antara perkataan dengan perbuatan, serta memiliki kompetensi yang memberikan kontribusi bagi pengembangan institusi dan masyarakat. Bermartabat Mulia: Sivitas Akademika Fakultas Sastra UISU merupakan personal yang menjunjung tinggi etika dan moral. Fakultas Sastra UISU mengharapkan seluruh sivitas akademikanya menjadi personal yang bermanfaat bagi orang lain, yang senantiasa mengajak orang lain untuk melakukan amar ma’ruf nahi mungkar, menjaga kehormatan dan harga dirinya, dengan berperilaku yang baik di mata Allah dan masyarakat, dengan melakukan live long education. Dicintai Masyarakat: Sivitas Akademika Fakultas Sastra memiliki ilmu pengetahuan, teknologi yang berguna dan bermanfaat bagi masyarakat, dan berakhlak mulia. Fakultas Sastra UISU mengharapkan seluruh sivitas akademikanya senantiasa mengembangkan potensi serta kemampuannya untuk kreatif dan aktif menemukan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berguna dan bermanfaat bagi masyarakat serta memiliki prilaku kecendikiawanan yang baik. Diridhai Allah SWT: Sivitas Akademika Fakultas Sastra UISU melaksanakan amar ma’ruf nahi munkar dan senantiasa istiqomah dalam menegakkannya yaitu dengan tangan, dengan lisan dan dengan doa.

Fakultas Sastra UISU: 1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian pada masyarakat dan Dakwah Islamiyah dalam disiplin ilmu Bahasa dan Sastra. 2. Membentuk Sarjana dan Magister Sastra yang Islami, berkualitas, beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berilmu dan beramal shaleh serta memiliki kompetensi untuk menggunakan ilmunya dalam pembangunan umat Islam, agama, bangsa, dan Negara Republik Indonesia demi kemaslahatan dan kesejahteraan umat manusia. Berdasarkan penjabaran di atas terlihat bahwa Fakultas Sastra UISU melaksanakan dan mengembangkan proses pembelajaran melalui serangkaian aktivitas Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Dakwah Islamiah yang terintegrasi dan bersinergi satu dengan yang lainnya. Fakultas Sastra UISU senantiasa konsisten dalam Pelaksanaan Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian,Pengabdian pada Masyarakat dan Dakwah Islamiyah yang merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.

Kemahasiswaan & Alumni[sunting | sunting sumber]

Organisasi kemahasiswaan yang ada di UISU adalah BAM-U, BAM-F, PEMA-U, PEMA-F, HMJ, dan badan khusus lainnya.

Daftar alumni uisu berpengaruh di Indonesia.

1. Surya Dharma Paloh Fisip 1975 pimpinan Media Group yang memiliki harian Media Indonesia, Lampung Post, dan stasiun televisi Metro TV. [1]
2. Ani Idrus Fakultas Hukum dan Fisip 1962 - 1965 dan 1975

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]