Unified communications

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Unified Communications

Unified Communications merupakan salah satu terobosan dalam dunia komunikasi yang manggabungkan layanan telepon dengan komputer. Dengan kata lain, Unified Communications menghadirkan telepon berbasis IP (Internet Protocol). Layanan ini mencakup semua bentuk panggilan telepon dan pesan multimedia/''cross-media'' termasuk fungsi pengaturannya yang dikontrol atau dikendalikan oleh pengguna individual untuk tujuan bisnis maupun sosial. Unified Communications bukan sekedar konsep bagaimana suatu interaksi komunikasi dapat dilakukan dengan berbagai cara. Unified Communications juga memberikan solusi bagaimana berbagai produk komunikasi yang ada dapat menghadirkan suatu pola komunikasi yang kontinu, mudah digunakan serta berskalabilitas tinggi. Solusi tersebut dapat diimplentasikan dengan mengintegrasikan sistem PBX yang ada melalui jalur VoIP/PBX.

Konsep Unified Communications memecahkan permasalahan atau rintangan sehingga orang-orang yang menggunakan mode komunikasi yang berbeda, media yang berbeda, dan peralatan yang berbeda, mereka tetap dapat berkomunikasi dengan yang lainnya di mana pun dan kapan pun. Selain itu, komunikasi VoIP membuat biaya komunikasi menurun, maintenance yang terintegrasi juga berarti penurunan Total Cost of Ownership (TCO) dan peningkatan produktivitas.

Dengan adanya Unified Communications, orang dapat menggunakan menu telepon, mengirim pesan teks, membuat ruang konferensi, serta berpindah ke pilihan jaringan hanya dengan melakukan drag and drop di layar komputer. Untuk konferensi, bukan tidak mungkin orang dapat menapilkan seluruh peserta dalam satu layar yang disiarkan dengan adanya kamera 360˚, sehingga peserta yang tidak dapat hadir saat itu tetap dapat mengikuti jalannya konferensi.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

[1] [2] [3]