Umpak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Umpak (dari bahasa Jawa) , pelin atau pedestal adalah penyangga di bagian bawah patung, vas, kolom, benda, atau altar tertentu. Umpak yang lebih kecil, terutama jika bentuknya bulat, bisa disebut sokles. Dalam teknik sipil , umpak disebut juga basement . Ketinggian minimum alas biasanya dijaga pada 45 cm (untuk bangunan) . Ini menyalurkan beban dari bangunan atas ke bangunan bawah dan bertindak sebagai dinding penahan untuk pengisian di dalam alas atau lantai yang ditinggikan.


Umpak atau pedestal yang ditinggikan yang memuat patung, dan ditinggikan dari substruktur yang menopangnya (biasanya atap atau lis), kadang-kadang disebut acropodium . Istilah ini berasal dari bahasa Yunani ἄκρος ákros 'paling atas' dan πούς poús (root ποδ- pod- ) 'kaki'.

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Meskipun di Siria, Asia Kecil, dan Tunisia, orang-orang Romawi kadang-kadang mengangkat tiang-tiang kuil atau propilaea mereka di atas umpak persegi, di Roma sendiri tiang-tiang tersebut digunakan hanya untuk memberi kepentingan yang lebih besar pada tiang-tiang yang terisolasi, misalnya tiang-tiang Trajanus dan Antoninus, atau sebagai podium. ke kolom-kolom yang digunakan secara dekoratif di lengkungan kemenangan Romawi.

Namun, para arsitek Renaisans Italia memiliki gagasan bahwa tidak ada tatanan yang lengkap tanpa umpak, dan karena perintah tersebut digunakan untuk membagi dan mendekorasi sebuah bangunan dalam beberapa lantai,birai dari alas tersebut dibawa dan dibentuk. kusen jendelanya, atau, di arkade terbuka, di sekeliling lapangan, langkan arkade . Tampaknya mereka juga mempertimbangkan bahwa tinggi suatu umpak harus sesuai proporsinya dengan tinggi kolom atau pilaster yang ditopangnya; jadi di gereja Santo Yohanes Lateran, di mana tatanan yang diterapkan cukup besar, umpaknya berukuran 13 kaki (4,0 m) tinggi, bukan tinggi biasa yaitu 3 sampai 5 kaki (1,5 m) .

Asia[sunting | sunting sumber]

Dalam seni Asia, singgasana teratai adalah bunga teratai bergaya yang digunakan sebagai tempat duduk atau umpak sebuah patung. Ini adalah umpak normal bagi figur dewa dalam seni Buddha dan seni Hindu, dan sering terlihat dalam seni Jain . Berasal dari seni India, ia mengikuti agama-agama India ke Asia Timur pada khususnya.

Di kekaisaran Tiongkok, kura-kura batu yang disebut bixi secara tradisional digunakan sebagai umpak prasasti penting, terutama yang berhubungan dengan kaisar.[1] Menurut peraturan versi tahun 1396 yang dikeluarkan oleh pendiri Dinasti Ming, Kaisar Hongwu, bangsawan tertinggi (yang berpangkat gong dan hou ) dan pejabat dari 3 peringkat teratas berhak mendapatkan tablet penguburan berbasis bixi, sedangkan yang lebih rendah -Prasasti mandarin tingkat harus berdiri di atas umpak persegi panjang sederhana. [2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Stele on the Back of Stone Tortoise Diarsipkan 2010-09-19 di Wayback Machine. (an overview of the Bixi tradition)
  2. ^ de Groot, Jan Jakob Maria (1892), The Religious System of China, II, Brill Archive, hlm. 451–452 .