Ular-ranting Afrika

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ular-ranting Afrika
Thelotornis

Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasReptilia
OrdoSquamata
FamiliColubridae
GenusThelotornis
Laurenti, 1768

Ular-ranting Afrika adlah sebutan untuk jenis-jenis ular yang terklasifikasi dalam genus Thelotornis. Ular-ular ini tersebar di Afrika.

Pengenalan[sunting | sunting sumber]

Semua spesies bertubuh ramping dengan kepala yang sempit, moncong yang runcing, dan ekor yang panjang. Selain itu, ular-ular ini memiliki pupil mata horizontal yang berbentuk seperti lubang kunci, menghasilkan penglihatan binokular. Tubuh ular-ranting Afrika berwarna kelabu kecokelatan dengan bercak-bercak berwarna agak terang dan gelap.

Ular-ranting Afrika hidup dan berkelana di atas pohon. Makanan utamanya adalah kadal, katak, dan terkadang burung. Jika merasa terganggu atau terancam, ular-ular ini akan menggembungkan lehernya sehingga akan terlihat corak tebal berwarna hitam di sela-sela sisiknya.

Racun Bisa[sunting | sunting sumber]

Ular-ranting Afrika adalah salah satu kolubrid yang berbisa dan mampu membunuh manusia.[1] Bisa ular-ular ini bersifat hemotoksin, mampu mempengaruhi mekanisme sel-sel darah dan mengakibatkan pendarahan yang tidak terkontrol.[2]

Spesies[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Goin, Coleman J.; Goin, Olive B.; Zug, George R. (1978). Introduction to Herpetology, Third Edition. San Francisco: W.H. Freeman. xi + 387 pp. ISBN 0-7167-0020-4. ("Thelotornis kirtlandi [sic]", p. 322).
  2. ^ "Twig snake". African Snakebite Institute. Diakses tanggal 23 June 2018. 

  • Boulenger GA (1896). Catalogue of the Snakes in the British Museum (Natural History). Volume III., Containing the Colubridæ (Opisthoglyphæ and Proteroglyphæ) ... London: Trustees of the British Museum (Natural History). (Taylor and Francis, printers). xiv + 727 pp. + Plates I-XXV. (Genus Thelotornis, pp. 184–185).
  • Branch, Bill (2004). Field Guide to Snakes and other Reptiles of Southern Africa. Sanibel Island, Florida: Ralph Curtis Books. 399 pp. ISBN 0-88359-042-5. (Genus Thelotornis, p. 100).
  • Smith A (1849). Illustrations of the Zoology of South Africa, Reptilia. London: Smith, Elder, and Co. (Thelotornis, new genus).