Ubertwitter

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
UberTwitter, Inc.
Jenis Perusahaan swasta
Didirikan 2009
Kantor pusat Ashburn, Virginia
Situs web www.ubertwitter.com

UberTwitter adalah sebuah perusahaan swasta yang berdedikasi untuk menciptakan aplikasi berbasis teknologi tinggi sebagai klien Twitter untuk telepon genggam, khususnya ponsel BlackBerry. Produk pertama yang menjadi andalan UberTwitter adalah aplikasi UberTwitter, kini UberTwitter 1.0 (terbaru), yang dapat dipakai oleh para pengguna ponsel BlackBerry untuk mengakses layanan situs microblogging Twitter.

Karena masih sedikitnya klien Twitter untuk ponsel BlackBerry, sampai saat ini UberTwitter menjadi aplikasi favorit para pengguna ponsel BlackBerry untuk mengakses Twitter. Berdasarkan TwitStat , Ubertwitter sekarang digunakan oleh 1,47% dari seluruh pengguna Twitter, menandingi angka 0,44% yang dipegang oleh TwitterBerry , sesama klien Twitter untuk ponsel BlackBerry.

UberTwitter datang dalam bentuk perangkat gratis yang dapat diunduh di situs resmi UberTwitter , dan juga dalam versi bayaran sebesar US$4.99 yang menjanjikan perbaruan otomatis selama satu tahun penuh.

Pertama kali dikenal sebagai aplikasi Twitter untuk platform BlackBerry, Android, iPhone & dan juga Kindle Fire. Aplikasi ini merupakan yang paling populer di antara aplikasi Twitter untuk perangkat mobile terutama BlackBerry. Karena satu dan lain hal aplikasi ini sekarang bernama UberSocial.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

UberTwitter didirikan oleh Paul McDonald (Code Warden) awal tahun 2009 dan berbasis di Ashburn, Virginia. Produk aplikasi UberTwitter Beta pertama kali diluncurkan tanggal 15 April 2009, dan langsung mendapatkan sambutan hangat dari para pengguna ponsel BlackBerry.

Sejak awal rilisnya sampai saat ini UberTwitter telah mengalami beberapa kali perkembangan dalam hal penambahan fitur dan layanan. Saat ini versi terbaru aplikasi UberTwitter adalah UberTwitter 1.0 yang baru diluncurkan pada akhir bulan November dari tahun 2010.

Pertama kali dikenal sebagai aplikasi Twitter untuk platform BlackBerry, Android, iPhone & dan juga Kindle Fire. Aplikasi ini merupakan yang paling populer di antara aplikasi Twitter untuk perangkat mobile terutama BlackBerry. Karena satu dan lain hal aplikasi ini sekarang bernama UberSocial.[2]

Layanan[sunting | sunting sumber]

Aplikasi UberTwitter terkini (1.0 non-beta) dapat mengintegrasikan tweet pengguna langsung dipost juga di Facebook,dan juga melayani segala layanan-layanan dasar Twitter. Pengguna aplikasi dapat memperbarui status (status update), melihat rangkaian status (timeline) teman, membalas status teman (reply), serta mengirim pesan langsung (direct message), seluruhnya dari ponsel BlackBerry. Fitur lain yang bisa digunakan juga antara lain kemampuan untuk mengulang kembali status pengguna Twitter yang lain (retweet), mencari pengguna Twitter (search Twitter), dan juga menampilkan topik terkini yang sedang marak dibicarakan di Twitter (trending topics).

Selain mengakses layanan-layanan yang telah disebutkan, para pengguna aplikasi UberTwitter juga disuguhkan dengan berbagai fitur tambahan yang jarang ditemukan pada klien-klien Twitter lainnya. Aplikasi UberTwitter yang masih terus dikembangkan ini layanan khusus pemetaan dan pelampiran gambar. Pada saat pengguna aplikasi mengirim status (tweet) melalui UberTwitter, pengguna dapat memilih untuk melampirkan peta lokasi terkini (myloc.me). Pengguna aplikasi UberTwitter juga dimudahkan dengan kemampuan terintegrasi UberTwitter dan ponsel BlackBerry untuk mengambil gambar melalui kamera ponsel dan melampirkannya dalam status secara cepat (mypict.me). Para pengikut (followers) kemudian dapat mengklik link yang akan tertera dalam status yang telah dikirim untuk menampilkan lokasi atau gambar yang dilampirkan.

Fitur unggulan[sunting | sunting sumber]

TweetPhoto[sunting | sunting sumber]

UberTwitter bekerja sama dengan TweetPhoto dalam produk terakhirnya, UberTwitter 1.0, dengan kemampuan terintegrasi untuk mengunggah gambar secara online. Gambar yang diunggah oleh pengguna aplikasi akan tertera dalam status dalam bentuk link gambar.

TweetPhoto itu sendiri adalah platform photo-sharing gratis di internet. Penyedia layanan gratis ini memungkinkan pengunjungnya memasukkan foto ke Twitter dan Facebook melalui beragam klien desktop dan ponsel. Layanan yang disediakan TweetPhoto difokuskan untuk menciptakan pengalaman terbaik bagi penggunanya lewat aplikasi-aplikasi yang tengah dikembangkan sebagai Twitter Application Programming Interface (API).

TweetPhoto merupakan evolusi dan konvergensi dari ponsel berbasis teknologi tinggi dan photo-sharing berbasis web. TweetPhoto membantu para pengguna Twitter untuk mempublikasikan dan mengonsumsi foto secara mudah dan cepat. Selain UberTwitter, TweetPhoto juga bekerja sama dengan klien-klien Twitter terkenal lainnya, seperti TweetDeck, TweetPocket, PockeTwit, Tweet Media, Twobile, Twitterville, Yatca, Power Twitter, dan masih banyak lagi.

Paul McDonald, pendiri UberTwitter mengatakan bahwa TweetPhoto merupakan rekan photo-sharing yang paling tepat untuk UberTwitter karena TweetPhoto mampu memberikan layanan unggah gambar yang paling cepat. paling mudah dan paling dapat diandalkan, baik dari sisi pengguna maupun pengembang.

Pemetaan[sunting | sunting sumber]

Para pengguna aplikasi UberTwitter bisa memperbarui informasi lokasi secara otomatis berdasarkan informasi cell tower dari ponsel, tanpa membutuhkan perangkat keras GPS. Lokasi pengguna aplikasi akan tertera di dalam status dalam bentuk link lokasi.

Selain itu, UberTwitter terintegrasi dengan Google Maps. Dengan kecanggihan Google Maps, pengguna aplikasi UberTwitter dapat melihat lokasi teman dalam bentuk foto satelit, roadmap, hybrid, dan terrain, pada halaman tampilan status.

Status Google Talk[sunting | sunting sumber]

Para pengguna UberTwitter dapat memilih untuk mengaktifkan perbaruan status GoogleTalk seiring dengan status terakhir, sehingga status yang dikirim meraih audiens yang lebih luas.

Akun jamak[sunting | sunting sumber]

Pengguna aplikasi UberTwitter kini bisa memiliki dan menggerakkan beberapa akun Twitter dalam satu aplikasi. Setiap akun yang dikonfigurasi di aplikasi UberTwitter dapat dilakukan pengaturan secara terpisah pada ponsel BlackBerry.

Fitur lainnya[sunting | sunting sumber]

  • Icon visual untuk menandakan notifikasi. Pengguna aplikasi dapat mengetahui secara visual apabila terdapat status baru, balasan, ataupun pesan langsung.
  • Meneruskan status dalam bentuk email.
  • Melampirkan video melalui status terkini.
  • Mengetahui pengguna Twitter lain yang berada di sekitar lokasi terkini.
  • Berfungsinya tombol enter untuk mengirim status terkini.
  • Goto user. Pengguna UberTwitter dapat langsung memasukkan nama teman dan diarahkan langsung ke rangkaian status (Timeline) teman.
  • Menyingkat URL dalam status. Terintegrasi dengan bit.ly pengguna aplikasi dapat dengan mudah mengirimkan URL yang panjang dan tidak dibatasi dengan limit 140 karakter.
  • Memasukkan foto dan video yang sudah tersimpan di dalam ponsel.
  • Iklan.
  • Menampilkan daftar teman dan follower.
  • Pilihan pada menu "Check for Updates" untuk mengetahui perkembangan versi UberTwitter yang terbaru.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Mirabito, M.A.M., & Morgenstern, B.L (2004). New Communication Technology: Application, Policy, and Impact, Fifth Edition, UK: Focal Press. (MM)

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]