United Nations Operation in Somalia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari UNOSOM)
Langsung ke: navigasi, cari

United Nations Operation in Somalia (UNOSOM) adalah misi operasi PBB di Somalia. UNOSOM terbagi 2, UNOSOM I di laksanakan pada April 1992 hingga Maret 1993 dan dilanjutkan dengan UNOSOM II pada Maret 1993 hingga Maret 1995.

UNOSOM I[sunting | sunting sumber]

UNOSOM I dilakukan untuk memonitor gencatan senjata di Mogadishu dan melakukan pengawalan terhadap penyaluran bantuan kemanusiaan ke pusat distribusi di kota tersebut. Mandat dan kekuatan pasukan diperbesar dengan diberi kemampuan untuk menjaga konvoy kemanusiaan dan pusat distribusi di seluruh Somalia. Misi ini kemudian bekerjasama dengan Pasukan Gabungan PBB dalam rangka menjaga lingkungan yang aman bagi bantuan kemanusiaan.

UNOSOM II[sunting | sunting sumber]

UNOSOM II dilaksanakan menggantikan UNOSOM I dan dimulai bulan Maret 1993. UNOSOM II diberi mandat melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan termasuk aksi militer untuk menjamin lingkungan yang aman di seluruh Somalia bagi bantuan kemanusiaan. Pada akhirnya, UNOSOM II juga diberi tugas melaksanakan perlucutan senjata dan rekonsiliasi, suatu tugas yang dimulai oleh Pasukan Gabungan PBB dalam mengembalikan kedamaian, stabilitas dan hukum. UNOSOM II ditarik pada awal Maret 1995.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]