Turbo Assembler

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Turbo Assembler
Pengembang Borland
Rilis stabil 5.0
Sistem operasi DOS, Windows
Jenis Assembler
Lisensi Proprietary
Situs web resmi Archive of official webpage

Turbo Assembler (TASM) merupakan perangkat lunak bahasa pemrograman Assembly yang dikembangkan Borland untuk komputer personal yang kompatibel dengan IBM, umumnya berbasis prosesor x86. Perangkat lunak ini diperdagangkan oleh Borland sebagai sebuah produk mandiri, atau dipaketkan bersama produk perangkat lunak bahasa pemrograman tingkat tinggi yang juga dikembangkan Borland, biasanya produk untuk tingkat mahir seperti (Borland Pascal, atau Borland C++), dan memiliki integrasi yang sangat baik dengan bahasa-bahasa pemrograman tingkat tinggi tersebut. Dengan berakhirnya era kejayaan keluarga Turbo, Turbo Assembler saat ini sudah tidak lagi dikembangkan oleh Borland.

Perangkat lunak Turbo Assembler dipaketkan bersama linker (disebut Turbo Linker atau TLINK), dan dilengkapi pula dengan Turbo Debugger, perangkat lunak untuk kebutuhan debugging. Untuk mendukung kompatibilitas dengan bahasa assembly yang umum digunakan saat itu, Microsoft Macro Assembler (MASM), TASM mendukung modus MASM (MASM mode) yang memungkinkan pemrogram merakit berkas kode sumber yang sebelumnya ditujukan untuk MASM. TASM juga mendukung modus tambahan yang disebut dengan mode ideal yang memiliki beberapa fitur tambahan.

TASM 3.0 mendukung fitur-fitur yang sebelumnya hanya terdapat pada bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti objek sehingga memungkinkan pemrogram untuk memanfaatkan teknik pemrograman berorientasi objek (PBO).

Contoh kode[sunting | sunting sumber]

Program berikut merupakan contoh dari kode sumber dalam bahasa assembly dengan menggunakan Turbo Assembler:

title Hallo Dunia program 	(hello.asm)
 
.model small	
.stack 100h
.data
PesanHalo	db	'Halo dunia',13,10,'$'
.code
main proc
	mov ax, @data
	mov ds, ax	 
 
	mov ah, 9			
	mov dx, OFFSET PesanHalo	
	int 21h				
 
	mov ah, 4C00h			
	int 21h				
main endp
end main

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  • (Inggris)Swan, Tom (1989). Mastering Turbo Assembler. Carmel, Indiana: Howard W. Sams & Company, Hayden Books division of Macmillan Computer Publishing. ISBN 0-672-48435-8. 2nd Edition, 1995 ISBN 0-672-30526-7.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]