Turbin tesla

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Turbin tesla adalah suatu mesin yang mengubah energi fluida menjadi energi mekanik dengan menggunakan cakram yang disusun berlapis pada poros dengan jarak tertentu. Umumnya turbin Tesla menggunakan uap atau udara bertekanan sebagai fluida penggeraknya. Turbin ini dipatenkan oleh Nikola Tesla pada tahun 1913. Turbin Tesla juga dikenal sebagai turbin lapisan-batas, turbin tipe kohesi, dan turbin lapisan-Prandtl (setelah Ludwig Prandtl) karena menggunakan efek batas-lapisan dan bukan cairan yang menimpa bilah seperti pada turbin konvensional. Peneliti bioteknologi telah menyebutnya sebagai pompa sentrifugal multi-disk. Salah satu keinginan Tesla mengimplementasikan turbin in adalah geotermal yang dideskripsikan dalam Our Future Motive Power.[1][2][3]

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Penampakan sistem turbin tesla
Penampakan desain turbin tesla tanpa kincir

Gagasan yang mengarahkan Tesla mengembangkan turbin inj adalah fakta bahwa untuk mencapai efisiensi tertinggi, perubahan kecepatan dan arah pergerakan fluida harus bertahap. Oleh karena itu, fluida penggerak turbin Tesla bergerak di jalur alami atau aliran-aliran dengan resistensi terendah.

Turbin Tesla terdiri dari satu set cakram halus, dengan nozel yang mengalirkan fluida bergerak, ke tepi cakram. Cairan bergeser pada disk dengan cara viskositas dan adhesi lapisan permukaan fluida. Saat fluida melambat dan menambah energi ke cakram, cairan itu berputar ke knalpot tengah. Karena rotor tidak memiliki proyeksi, ia sangat kuat.

Menurut Tesla, turbin ini adalah penggerak awal mandiri yang efisien yang dapat dioperasikan sebagai turbin uap atau cairan campuran sesuka hati, tanpa perubahan dalam konstruksi, dan oleh karena itu sangat nyaman. Keberangkatan kecil dari turbin, sebagaimana dapat didikte oleh keadaan dalam setiap kasus, jelas akan menyarankan diri mereka sendiri tetapi jika dilakukan pada garis-garis umum ini akan ditemukan sangat menguntungkan bagi pemilik pabrik uap sambil mengizinkan penggunaan instalasi lama mereka. Namun, hasil ekonomi terbaik dalam pengembangan tenaga dari uap oleh turbin tesla dapat diperoleh di pabrik, terutama disesuaikan untuk tujuan tersebut.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Miller, G. E.; Sidhu, A; Fink, R.; Etter, B. D. (1993). "July). Evaluation of a multiple disk centrifugal pump as an artificial ventricle". Artificial Organs. 17 (7): 590–592. doi:10.1111/j.1525-1594.1993.tb00599.x. PMID 8338431. 
  2. ^ Miller, G. E.; Fink, R. (1999). "June). Analysis of optimal design configurations for a multiple disk centrifugal blood pump". Artificial Organs. 23 (6): 559–565. doi:10.1046/j.1525-1594.1999.06403.x. PMID 10392285. 
  3. ^ Nikola Tesla, "Our Future Motive Power".
  4. ^ Nicola Tesla in British Patent 179,043 on RexResearch.