Tugas-tugas Herakles

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Relief Romawi dari pertengahan abad ketiga SM yang menggambarkan tugas-tugas Herakles. Dari kiri ke kanan: Singa Nemeia, Hidra Lerna, Babi Erimanthios, Rusa Kerineia, Burung Stimfalia, sabuk Hippolita, kandang kuda raja Augeas, Banteng Kreta, dan Kuda Betina Diomedes.

Dalam mitologi Yunani, Tugas Herakles adalah serangkaian tugas yang dilaksanakan oleh pahlawan Herakles auntuk membersihkan dosanya karena telah membunuh keluarganya. Tugas-tugas tersebut diberikan oleh sepupunya, Euristheus. Tugas Herakles pada awalnya berjumlah sepuluh namun Herakles harus melaksanakan dua tuags tambahan sehingga petualangan Herakles dalam melaksanakan tugas tersebut sering disebut sebagai Dua Belas Tugas (bahasa Yunani: Δωδεκαθλος, dodekathlos). Dalam menjalankan tugas-tugasnya, Herakles kadang ditemani oleh teman pria (eromenos), misalnya sepupunya Iolaos. Versi tetap mengenai tugas Herakles ditulis dalam suatu wiracarita oleh Peisandros pada 600 SM, namun sayangnya wiracarita tersebut kini telah hilang.

Berikut adalah rangkaian tugasnya menurut Apollodoros:[1]

  1. Membunuh Singa Nemeia.
  2. Membunuh Hidra Lerna.
  3. Menangkap Rusa Kerineia.
  4. Menangkap Babi Erimanthios.
  5. Membersihkan kandang kuda milik raja Augeas dalam sehari.
  6. Membunuh Burung-burung Stimfalia.
  7. Menangkap Banteng Kreta.
  8. Mengambil Kuda-kuda Betina Diomedes.
  9. Mengambil sabuk Hippolita.
  10. Mengambil ternak milik Gerion.
  11. Mengambil apel Hesperides.
  12. Menangkap Kerberos.

Euristheus tidak mengakui permbersihan kandang Auges karena Herakles meminta bayaran atas kerjanya. Euristheus juga menolak pembunuhan Hidra Lernaia karena Herakles dibantu oleh sepupunya, Iolaos. Euristheus kemudian memberi dua tugas tambahan pada Herakles (mengabil apel Hesperides dan menangkap Kerberos). Herakles menjalankan kedua tugas tambahan tersebut dengan sukses dan menggenapkan jumlah tugasnya menjadi dua belas.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pseudo-Apollodoros, Bibliotheka 2.5.1-2.5.12.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Burkert, Walter (1985). Greek Religion. Cambridge, MA, USA: Harvard University Press. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]