Tuan Tuan dan Yuan Yuan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tuan Tuan (kanan) dan Yuan Yuan (kiri) sedang menikmati bambu di Wolong tak lama setelah gempa bumi Sichuan 2008.

Tuan Tuan dan Yuan Yuan adalah dua panda raksasa yang dikirim oleh Tiongkok daratan ke Taiwan pada 2008 sebagai bagian dari program pertukaran. Gagasan pertukaran tersebut mula-mula dicetuskan pada 2005, namun pemerintahan sebelumnya di Taiwan menolak untuk menerima panda-panda tersebut. Setelah pemilu menghasilkan pergantian presiden pada 2008, Taipei menerima panda-panda tersebut, dan didatangkan ke Taiwan pada 23 Desember 2008. Dua nama tersebut dipilih lewat jajak pendapat di RRT dan kombinasinya, Tuan Yuan, artinya "penyatuan kembali" dalam bahasa Tionghoa. Panda-panda tersebut ditempatkan di Kebun Binatang Taipei dan dipamerkan ke publik sejak Tahun Baru Imlek 2009.

Kelahiran[sunting | sunting sumber]

Tuan Tuan, pejantan, lahir dari Hua Mei[1] pada 1 September 2004, dan diberi no. 19 di Cagar Alam Nasional Wolong, Sichuan. Yuan Yuan, betina, lahir pada 31 Agustus 2004, dan diberi no. 16 di Cagar Alam Nasional Wolong. Nama-nama mereka, "Tuan Tuan" dan "Yuan Yuan", dipilih dalam sebuah jajak pendapat tak resmi di Tiongkok daratan yang diadakan secara langsung dalam televisi nasional pada Gala Tahun Baru CCTV 2006. Sekitar 130 juta penonton Tiongkok daratan memberikan suara mereka. Secara bersamaan, nama-nama tersebut menghasilkan frase Tionghoa tuan yuan (Hanzi sederhana: 团圆; Hanzi tradisional: 團圓; Pinyin: tuán yuán), yang artinya "penyatuan kembali".

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Barbara Durrant. "Meet Hua Mei's Son". Kebun Binatang San Diego. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-01-22. Diakses tanggal December 16, 2011.