Transitif

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Kata kerja transitif adalah kata kerja yang memerlukan objek dalam kalimatnya. Berbeda dengan kata kerja intransitif, kata kerja transitif dapat diubah menjadi bentuk pasif. Hal ini tidak berlaku untuk kata kerja intransitif.

Homo Homini Lupus est adalah frase Latin yang berarti "manusia adalah serigala [sesama] man." Pertama dibuktikan dalam Plautus ' Asinaria (195 SM, "lupus est homo Homini"), kalimat ini kadang-kadang diterjemahkan sebagai "manusia adalah manusia serigala", yang dapat diartikan memangsa orang itu atas manusia. Hal ini banyak dirujuk ketika membahas kengerian yang manusia mampu.

Sebagai oposisi, Seneca menulis bahwa "manusia adalah sesuatu yang sakral bagi manusia." [1] Kedua aforisme ditarik oleh Thomas Hobbes dalam dedikasi karyanya De Cive (1651): "Untuk berbicara memihak, baik ucapan yang sangat benar; Itu Man Man adalah semacam Allah, dan bahwa Man Man adalah Wolfe keterlaluan Yang pertama adalah benar, jika kita membandingkan Warga antara mereka sendiri,. dan yang kedua, jika kita membandingkan Kota ". Pengamatan Hobbes pada gilirannya gema garis dari Plautus mengklaim bahwa manusia secara inheren egois. == Contoh kalimat == Contoh kalimat:

  • Tami sedang mendengar musik klasik.
  • Para caleg mempersiapkan segala sesuatunya.

Pada contoh pertama, kata Tami berperan sebagai subyek, sedang mendengar sebagai predikat, dan musik klasik sebagai obyek. Sedang pada contoh kedua, para caleg berperan sebagai subyek, mempersiapkan sebagai predikat, dan segala sesuatunya sebagai obyek.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]