Tori Tsui

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Tori Tsui
KebangsaanHongkong
Pekerjaanaktivis iklim
Situs webhttps://www.toritsui.com/

Tori Tsui adalah aktivis iklim interseksionali dari Hongkong sekaligus advokat kesehatan mental yang saat ini tinggal di Bristol, Inggris.

Early life and education[sunting | sunting sumber]

Tsui lahir dan tumbuh di Hongkong.[1][2]

Dia lulus pada tahun 2015 dan mendapat gelar magister untuk Penelitian Ekologi, Evolusi dan konservasi di Imperial College London yang memberikannya dasar tentang pengetahuan terhadap ilmu iklim serta keberlanjutannya.[3] Setahun setelah kelulusannya, Tsui pindah ke Bristol untuk belajar mengenai industri dokumenter sejarah alam .[4]

Gerakan Aktivis[sunting | sunting sumber]

Aktivisme pertamanya dalam aktivisme iklim dimulai sebagai bagian extinction rebellion dengan membuat film pendek tentang dampak perubahan iklim terhadap spesies terentu untuk media sosial Extinction Rebellion yang membuatnya dihubungi oleh direktur kreatif dari Stella McCartney untuk bergabung dalam kampanyenya. Kemudian, pada bulan April 2019, dua perempuan dari tim kampanye tadi menemui Tsui di acara Extinction Rebellion di London untuk melakukan wawancara tentang keterlibatannya terhadap aktivisme iklim.[4] Dia menjadi bagian dari kampanye iklan dari Stella McCartney yang dikenal dengan nama ‘Agents of Change’ sebagai salah satu aktivis yang terlibat. Kampanye ini juga diikuti oleh Jane Goddall, Deya Ward, Ruby Munslow dan juga model seperti Amber Valletta, Chu Wong, Trinity Hill dan Chloe Pearson.[5]

Hubungannya dengan McCartney terus berlanjut karena Mccartney juga mensponsori Tsui dalam proyeknya bernama Sail To The COP yang merupakan sebuah wadah pemikir yang mewadahi 36 Orang Eropa untuk berlayar melewati Samudra Atlantik untuk menghadiri Konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Santiago, Chili. Akan tetapi, karena unjuk rasa Chili 2019–2021, acara ini pindah lokasi ke Madrid sehingga kegiatan Sail To The COP terhenti di tengah jalan. Mereka melanjutkan proyek ini ketika tiba di Pulau Martinique, Kepulauan Karibia dan melakukan pekerjaan jarak jauh untuk bergabung dengan COP25. Akhirnya, kapal tersebut bersandari di Cartagena de Indias, Kolombia sebagai tujuan akhir.[4]

Organisasi[sunting | sunting sumber]

Dia juga mendirikan siniar bernama "Bad Activist Collective" bersama dengan Kisjonah Roos danJulia Gentner sekaligus juga merupakan seorang anggota dari organisasi Climate Control Projects.[6][7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ng, Chanel. "Tori Tsui: an Intersectional Approach to the Climate Crisis 🇭🇰🇬🇧". Asian Environmental Youth Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-17. 
  2. ^ Ng, Chanel. "Tori Tsui: an Intersectional Approach to the Climate Crisis 🇭🇰🇬🇧". Asian Environmental Youth Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 29 MAret 2022. 
  3. ^ "Sail to the COP - sailing from Europe to COP25 in Chile". www.sailtothecop.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 29 Maret 2022. 
  4. ^ a b c "Life As I Know It: Sail for Climate Action's Tori Tsui". Eco-Age (dalam bahasa Inggris). 21 Februari 2020. Diakses tanggal 29 Maret 2022. 
  5. ^ Redazione (27 Juli 2019). "Agents of Change: Stella McCartney's new FW/19 campaign". latestmagazine (dalam bahasa Italia). Diakses tanggal 29 Maret 2022. 
  6. ^ "The Bad Activist Collective, SOS: Concert for the Planet, EarthPercent, Climate Control Projects! | The Climate" (dalam bahasa Inggris). 2021-10-28. Diakses tanggal 2022-03-18. 
  7. ^ "The Bad Activist Collective, SOS: Concert for the Planet, EarthPercent, Climate Control Projects! | The Climate". theclimate.org (dalam bahasa Inggris). 28 Oktober 2021. Diakses tanggal 29 Maret 2022.