Tony Agus Ardie

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Tony Agus Ardie adalah seorang pendiri sekaligus Dirut PT. International Incorporated sejak tahun 1969. Perusahaan ini bergerak di bidang jasa konsultasi. Awal mula berdirinya perusahaan ini adalah ketika Tony telah menyelesaikan studi teknik dan ekonomi di Univeritas California, AS. Ia melihat peranan apa yang dapat disumbangkan untuk meningkatkan hubungan ekonomi Indonesia dan Amerika. Kebetulan saat itu, California merupakan markasnya perusahan perminyakan Amerika. Melalui Tony, Amerika mulai tertarik dengan Indonesia. Sayangnya informasi mengenai Indonesia kurang begitu lengkap. Hal ini lah yang membuat Tony mendirikan PT International Incorporated sebagai konsultan bagi mereka agar dapat menanamkan modal di Indonesia.[1]

Selain mendirikan perusahaan di bidang jasa, Tony Agus Ardie juga menggarap proyek Pertamina dengan menirikan PT Indokor Indonesia. Bekerjasama dengan Amerika, lahir pula PT Baroid Indonesia, yang berada di Merak, Banten. Perusahan lainnya PT Brambles Indonesia juga bekerja sama dengan Australia yang bergerak di bidang jasa penyewaan alat-alat berat. Perusahan yang menunjang operasi PT Indokor, Tony mendirikan PT Berinda Utama. Tony Agus Ayadie, juga sering menjadi pembicara. Selaku Wakil Ketua Kamar Dagang & Industri (Kain) Indonesia (1985-1988), ia sering mengimbau agar alih teknologi tidak sekadar demi "pristise", tetapi harus mampu mengembangkan teknologinya dengan memiliki perelengkapan research & development (R & D).


Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ APA & SIAPA sejumlah orang Indonesia 1985-1986. Tempo (Jakarta, Indonésie) (edisi ke-Cet. 1). Jakarta: Grafiti Pers. 1986. ISBN 979444006X. OCLC 37095471.