Tommaso Masaccio

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Masaccio (terlahir Tommaso Cassai atau di beberapa tempat lain Tommaso di Ser Giovanni di Mone; lahir 21 Desember 1401, wafat musim gugur 1428) adalah pelukis besar pertama dalam periode Quattrocento di zaman Renaissance Italia. Lukisan-lukisan dindingnya adalah monumen pertama dari aliran Humanisme, dan memperkenalkan segi keliatan/kekenyalan seperti plastik yang belum pernah terlihat dalam lukisan figur manusia.

Nama Masaccio adalah versi lucu dari nama Tommaso, yang bermakna Tom yang "besar", "gendut", "kikuk" atau "jorok". Nama itu diciptakan untuk memisahkan dirinya dari orang yang sering bekerja sama dengannya, juga bernama Tommaso, yang kemudian dikenal dengan sebutan Masolino (Tom yang kecil/lemah lembut).

Walaupun kariernya hanya singkat, ia memiliki pengaruh yang besar pada seniman-seniman lain. Ia adalah salah satu orang pertama yang menggunakan perspektif ilmiah dalam lukisannya, menggunakan teknik-teknik seperti titik yang menghilang dalam seni untuk pertama kalinya. Ia juga meninggalkan gaya Gothic dan mengembangkan segi ornamentasi dari seniman seperti Gentile da Fabriano ke dalam sebuah gaya yang lebih alamiah yang menggunakan perspektif untuk mencapai gambaran yang lebih realistis.