Toilet kompos

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Composting toilet di Activism Festival 2010 di pegunungan di luar Yerusalem

Toilet kompos adalah salah satu jenis perangkat sanitasi yang menggunakan proses organisme aerobik yang berguna untuk mengolah kotoran manusia. Toilet kompos menggunakan sedikit air, dan dapat dimanfaatkan sebagai alternatif untuk kloset siram.[1] Desain toilet kompos dibuat dengan kondisi ketersediaan air yang sedikit. Sistem saluran pembuangan pada toilet kompos akan memproses limbah dengan cara diolah secara langsung sehingga nutrisi dalam kotoran manusia diterima dan tidak terbuang.

Toilet kompos diketahui telah dipasang di fasilitas umum taman nasional di Swedia, Kanada, Amerika Serikat, Inggris, dan Australia. Di Swedia dan Finlandia, toilet kompos ini digunakan di rumah-rumah di pedesaan yang sering dijadikan sebagai tempat liburan.

Proses teknis toilet kompos berlangsung secara lambat. Cara kerja toilet ini yaitu kotoran manusia akan dicampur dengan serbuk gergaji, sabut kelapa, atau gambut lumut untuk memfasilitasi pengolahan aerobik, penyerapan cairan, dan mencegah bau.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tilley, E., Ulrich, L., Lüthi, C., Reymond, Ph., Zurbrügg, C. Compendium of Sanitation Systems and Technologies - (2nd Revised Edition). Swiss Federal Institute of Aquatic Science and Technology (Eawag), Duebendorf, Switzerland. hlm. 72. ISBN 978-3-906484-57-0.