Tkinter

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Tkinter adalah sebuah pengikat Python untuk peralatan GUI Tk. Tkinter merupakan antarmuka Python standar untuk peralatan GUI Tk,[1] dan merupakan GUI standar de facto nya Python.[2] Tkinter dimasukkan secara default kedalam instalasi Python untuk Linux, Microsoft Windows dan Mac OS X.

Nama Tkinter berasal dari Tk interface. Tkinter ditulis oleh Fredrik Lundh.[3]

Tkinter adalah perangkat lunak bebas yang dirilis dibawah lisensi Python.[4]

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Seperti kebanyakan binding Tk modern lainnya, Tkinter diimplementasikan sebagai pembungkus Python di sekitar interpreter Tcl lengkap yang tertanam dalam interpreter Python. Panggilan Tkinter diterjemahkan ke dalam perintah Tcl, yang diumpankan ke interpreter yang disematkan ini, sehingga memungkinkan untuk mencampur Python dan Tcl dalam satu aplikasi.

Ada beberapa pustaka GUI alternatif populer yang tersedia, seperti wxPython, PyQt, PySide, Pygame, Pyglet, dan PyGTK.

Beberapa definisi[sunting | sunting sumber]

Window (Jendela)[sunting | sunting sumber]

Istilah ini memiliki arti yang berbeda dalam konteks yang berbeda, tetapi secara umum istilah ini mengacu pada area persegi panjang di suatu tempat pada layar tampilan pengguna.

Top-level window (Jendela tingkat atas)[sunting | sunting sumber]

Jendela yang bertindak sebagai anak dari jendela utama. Ini akan didekorasi dengan bingkai standar dan kontrol untuk manajer desktop. Ini dapat dipindahkan di sekitar desktop dan biasanya dapat diubah ukurannya.

Widget[sunting | sunting sumber]

Istilah umum untuk salah satu blok penyusun yang menyusun aplikasi dalam antarmuka pengguna grafis.

  • Widget inti: Wadah: frame, labelframe, toplevel, panned window. Tombol: button, radiobutton, checkbutton (kotak centang), dan menubutton. Widget teks: label, message, teks. Entry widget: scale, scrollbar, listbox, slider, spinbox, entry (garis tunggal), menu opsi, teks (multiline), dan canvas (grafik vektor dan piksel).
  • Tkinter menyediakan tiga modul yang memungkinkan dialog pop-up ditampilkan: tk.messagebox (dialog konfirmasi, informasi, peringatan dan kesalahan), tk.filedialog (file tunggal, banyak file dan dialog pemilihan direktori) dan tk.colorchooser (pemilih warna) .
  • Python 2.7 dan Python 3.1 menggabungkan fungsionalitas "bertema Tk" ("ttk") dari Tk 8.5.[5][6] Hal ini memungkinkan widget Tk dengan mudah bertema agar terlihat seperti lingkungan desktop asli tempat aplikasi berjalan, dengan demikian mengatasi kritik lama Tk (dan karenanya Tkinter). Beberapa widget eksklusif untuk ttk, seperti widget combobox, progressbar, dan treeview

Frame (Bingkai)[sunting | sunting sumber]

Di Tkinter, widget Frame adalah unit dasar organisasi untuk tata letak yang kompleks. Frame adalah area persegi panjang yang dapat berisi widget lain.

Child and parent[sunting | sunting sumber]

Saat widget apa pun dibuat, hubungan induk-anak dibuat. Misalnya, jika Anda menempatkan label teks di dalam bingkai, bingkai tersebut adalah induk dari label tersebut.

Contoh aplikasi[sunting | sunting sumber]

Berikut merupakan contoh aplikasi Tkinter sederhana Python3 dengan satu gawit:[7]

#!/usr/bin/env python3
from tkinter import *
root = Tk() 							# Create the root (base) window 
w = Label(root, text="Hello, world!") 	# Create a label with words
w.pack() 								# Put the label into the window
root.mainloop() 						# Start the event loop

Untuk Python 2, satu-satunya perbedaan adalah kata "tkinter" di dalam perintah import yang dikapitalisasi menjadi "Tkinter Diarsipkan 2020-08-09 di Wayback Machine.".[8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Tkinter — Python interface to Tcl/Tk — Python v2.6.1 documentation". Diakses tanggal 2009-03-12. 
  2. ^ "Tkinter - Pythoninfo Wiki". 
  3. ^ Shipman, John W. (2010-12-12), Tkinter reference: a GUI for Python, New Mexico Tech Computer Center, diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-07-03, diakses tanggal 2012-01-11 
  4. ^ "Archived copy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-11-13. Diakses tanggal 2013-11-13. 
  5. ^ "Python issue #2983, "Ttk support for Tkinter"". 
  6. ^ "Python subversion revision 69051, which resolves issue #2983 by adding the ttk module". [pranala nonaktif permanen]
  7. ^ "Tkinter 8.5 reference: a GUI for Python". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-12-04. Diakses tanggal 2021-03-14. 
  8. ^ Fleck, Dan. "Tkinter – GUIs in Python" (PDF). CS112. George Mason University. Diakses tanggal 18 August 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]