Tirta Kebon Ndelik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Tirta Kebon Ndelik atau juga dikenal dengan nama Taman Tirta Kebon Ndelik adalah objek wisata alam yang berlokasi di Desa Karangkembang, Kecamatan Ngluwar, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Tempat wisata ini menawarkan suasana negeri Jepang dengan pepohonan sakura di hampir tiap sudut taman. Terdapat beberapa tanaman yang menghiasi wahana wisata ini seperti tanaman tabebuya atau sakura Brazil dengan warna kuning yang lokasinya ditanam disebelah barat, sedangkan di tengah berwarna ungu, dan ada juga tabebuya yang berwarna putih dan warna pink.[1][2][3][4]

Lokasi dan suasana[sunting | sunting sumber]

Bagi wisatawa yang ingin berkunjung ke lokasi wisata yang mengusung konsep ala Jepang ini, dari arah Yogyakarta atau Semarang dapat berbelok ke barat di Pertigaan Semen menuju Ngluwar, kurang lebih 5 kilometer. Pada hari biasa, Taman Tirta Kebon. Delik dibuka mulai pukul 08:00 sampai 17:00 WIB, sedangkan khusus hari Minggu dibuka mulai pukul 06:30 WIB dengan tiket masuk orang dewasa Rp10.000, anak-anak Rp5.000, dan gratis bagi penyandang disabilitas.

Sesampai di lokasi, pengunjung akan melihat gerbang torii dengan nuansa pohon bambu. Selain itu, digantung pula beberapa lampion, bahkan setelah masuk, terdapat juga gerbang torii dengan ukuran lebih besar. Di lokasi ini, pengunjung juga akan menemukan sekitar 160 jenis tanaman tabebuya yang ditanam dengan jarak sekitar 2 meteran baik jenis tabepuya warna kuning, ungu, pink dan putih. Konsep yang diusung dalam wisata ini konsep Jepang. Lajur sebelah barat tanaman tabebuya atau sakura Brazil warna kuning, di tengah ungu, paling sana (pojok) warna pink dan putih. Jarak tanam yang relatif dekat termasuk pengaturan tingginya merupakan spot menarik yang menjafi daya pikat bagi pengunjung yang ingin berswafoto. Di Tirta Kebun Ndelik juga ada pohon bambu supaya nuansa Jepangnya semakin kental.

Referensi[sunting | sunting sumber]