Timuriana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Timuriana adalah film drama Indonesia tahun 1953 yang diproduksi dan disutradarai oleh M. Pandji Anom serta dibintangi oleh Moh. Mochtar, A. Ramli Ramlan, dan Komalasari.

Timuriana
SutradaraM. Pandji Anom
ProduserM. Pandji Anom
PemeranMoh. Mochtar
A. Ramli Ramlan
Komalasari
Perusahaan
produksi
Borobudur Film
Tanggal rilis
12 Januari 1953; 71 tahun lalu (1953-01-12)
NegaraIndonesia
BahasaBahasa Indonesia

Plot[sunting | sunting sumber]

Mengenai suku Natuna dan Tenggara yang konon hidup di tengah Lautan Teduh. Seorang pemuda dari Tenggara, Dipa, datang ke pulau Natuna dengan maksud menggalang persatuan. Usaha mulia itu ditentang oleh Lingga, salah seorang lelaki dari Natuna. Pertentangan kian runcing, karena Riana, gadis Natuna, dan Dipa menjalin kasih. Lingga menantang, namun kalah dalam perkelahian. Barulah Lingga merelakan Riana, dan merestui Dipa untuk mengadakan persatuan.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Timuriana diproduksi dan disutradarai oleh M. Pandji Anom yang juga ikut membintangi.[1] Film ini dibintangi oleh Moh Mochtar, A. Ramli Ramlan, Komalasari, dan Zainab Samallo.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Kristanto, J. B. (2005). Katalog film Indonesia, 1926-2005. Nalar bekerjasama dengan Fakultas Film dan Televisi, Institut Kesenian Jakarta, [dan] Sinematek Indonesia. hlm. 30. ISBN 978-979-99395-3-1. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Timuriana di IMDb (dalam bahasa Inggris)