Timor Tom

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Timor Tom atau Tom Tua adalah paus sperma dari abad ke-19, dirujuk dalam Moby-Dick oleh Herman Melville.

Satu-satunya referensi dalam buku ini adalah:[1]

Bukankah demikian, wahai Timor Tom! Anda livyatan terkenal, terluka seperti gunung es, yang begitu lama mengintai di selat Oriental dengan nama itu, cerat siapa yang sering terlihat dari pantai palem Ombay?

— Ishmael, in Herman Melville, "Chapter 45: The Affidavit", Moby-Dick: Or, the Whale (18 Oktober 1851)

Ombay mungkin mengacu pada pulau Pantar, di seberang Selat Ombai dari Timor.

Dr. Lawrence Blair dalam program TV-nya Myths Magic and Monsters, menunjukkan bahwa Timor Tom adalah paus sperma albino raksasa, yang tidak melarikan diri dari pemburu paus, tetapi menyerang mereka dan malah menenggelamkan banyak dari mereka.

Timor Tom yang dikenal dengan nama lain seperti Timor Jack dan Timor Tim, adalah paus putih raksasa yang terlibat dalam pertempuran dengan pemburu paus Inggris pada awal 1800-an di sekitar pulau kecil Oriental Sonde, khususnya Lamalera di Coral Triangle. Makhluk luar biasa ini memiliki hubungan yang signifikan dengan pemburu paus sperma tradisional Lamalera, yang dianggap sebagai salah satu yang tertua di dunia. Dalam kepercayaan mereka, paus sperma putih berfungsi sebagai penjaga perahu dan kapal, serta pengawas konstruksi dan konsepsi mereka. Thomas Beale menganggap Timor Tim sebagai "protagonis dari banyak kisah aneh".[2]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Melville, Herman (18 Oktober 1851). "45: The Affidavit". Moby-Dick; or The Whale (dalam bahasa English). Diakses tanggal 7 Desember 2017. 
  2. ^ "TIMOR TOM TIM JACK WHITE SPERM WHALE". www.mobydick-hermanmelville.com. Diakses tanggal 05-07-2023.