Tiket (grup musik)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Tiket
Latar belakang
Asal Bendera Indonesia Jakarta, Indonesia
Genre Pop, Rock
Label Mahar Records (2011-sekarang)
Bulletin Musik (2000-2010)
Anggota Christian Baskara
Opet Alatas
Ilham Biyahima
Mantan anggota Teguh Diswanto
Oliver
Brian Kresna Putro
Aqi
Joey
Gatut
Pano
Bontel
Ello
Uphie
Penyot
Budhy Haryono
Arden Wibowo

Tiket adalah grup musik Indonesia yang dibentuk pada tahun 1999. Kini, anggotanya berjumlah empat orang yaitu Chrisitian Baskara, Opet Alatas, dan Ilham Biyahima. Album perdananya ialah Tiket dirilis tahun 2001.

Perjalanan karier[sunting | sunting sumber]

Tahun 1999, Fani a.k.a Pano (Drum) (Sekarang menjadi drummer Audy), Opet Alatas (Bass), Arden Wibowo (Gitar), Bontel (Gitar) (sekarang tergabung di grup band FLOAT) membentuk band "GLOW", yang sejalan waktu mengalami bongkar pasang personel mulai dari Cello a.k.a ELLO (Vokal)(Sekarang menjadi Solois), Uphie (Vokal) (Uphie terakhir menjadi vokalis Debrur dan menjadi Designer cover dan Sutradara Video Klip), Penyot (Gitar) (Mantan gitaris SLANK yang sekarang bergabung di COZY REPUBLIC) dan mengalami pergantian nama dari GLOW menjadi JENDERAL, hingga pada tanggal 20 Mei 2000 akhirnya nama "TIKET" menjadi pilihan akhir untuk menjadi nama grup band dengan personel Opet Alatas, Arden Wibowo, Teguh Diswanto serta Oliver pada drum. Audisi pun digelar untuk mencari seorang vokalis. Pada Juli 2000, Ananda Riztianto a.k.a Aqi (Sekarang menjadi vokalis ALEXA) resmi menjadi vokalis TIKET. Belum sempat melakukan rekaman, Oliver mengundurkan diri pada bulan Oktober 2000. Posisinya digantikan oleh Brian Kresna, yang sempat menjadi additional drummer untuk HARIS IONI dan ARA band dan merebut juara 1 Indonesia Music Festival 2000.

Bulan Mei 2001, TIKET digaet oleh Bulletin Musik dan merilis album perdana bertajuk "TIKET" yang sukses melahirkan hits lagu "Cinta Yang Lain", "Abadilah" dan "Hai Bintang". Tahun 2003, Tiket kembali merilis album kedua bertajuk "SEBUAH ANUGERAH".

Prahara kembali terjadi di dalam TIKET, Ridzky, Brian Kresna dan Teguh Diswanto menyatakan mengundurkan diri. Kehilangan 3 personel ini, walau menyedihkan tetapi ternyata tidak membuat Opet dan Arden terus terlena di dalam duka dan menjadi patah arang, kembali mereka mencari pengganti untuk menghidupkan TIKET yang pada akhirnya menemukan Gatut (Drum) dan Joey (Vokal) sedangkan posisi gitar dipegang sendirian oleh Arden. Dengan formasi baru ini, kembali terlahir album ke-3 yang bertajuk "RASAKAN YANG KURASA" (2005) dengan hits "BIAR CINTA MENYATUKAN KITA". Tetapi prahara pergantian personel ini ternyata tidak berhenti sampai disitu, kembali TIKET harus menghadapi kenyataan, 2 orang personel yang baru bergabung, Gatut dan Joey mengajukan untuk mengundurkan diri. Kembali Opet dan Arden harus menelan pil pahit dan memutar otak untuk menghidupkan TIKET.

Pucuk dicinta ulam pun tiba, Opet bertemu dengan Budi Haryono (Drum), teman satu band saat mereka masih tergabung dalam grup band GIGI. Dengan bergabungnya Budi sebagai drummer baru Tiket membuat Opet dan Arden mendapatkan angin segar. Bertiga mereka mencari personel untuk menduduki posisi vokalis hingga menemukan Christian yang membuat mereka jatuh hati dan mempercayakan posisi vokalis pada Christian.

Terlahirlah kembali album TIKET yang ke-4 bertajuk "TR4NSISI" (2007) dengan hits "KETULUSAN HATI" yang kemudian di Repackaged dengan tambahan 2 lagu baru di album "TR4NSISI: REPACKAGE" (2008) dengan hits "HANYA KAMU YANG BISA" dan "KAU BUATKU BERARTI"

Dan juga kini Tiket band membawakan lagu garapan Alm. Meggy Z yang berjudul "JATUH BANGUN" diaransemen dengan rock usai almarhum meninggal.

Kini, album kelima Tiket, "GOLD" telah dirilis. "JATUH BANGUN" menjadi lagu utamanya.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]