Thomas Attwood

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Thomas Attwood (6 Oktober 1783 - 6 Maret tahun 1856) merupakan seorang yang berkecimpung dalam bidang perbankan Inggris, ekonom, menjadi juru kampanye politik dan juga pernah menjabat sebagai anggota parlemen.

Karier[sunting | sunting sumber]

Thomas Attwood memulai karir pada tahun 1800 di bidang perbankan milik ayahnya yang terletak di Birmingham, Inggris. Kemudian pada tahun 1811, Thomas Attwood aktif dikeuangan khususnya mata uang dan merepresentasikan agar tercipta keadilan bagi masayarakat kelas menengah. Pada tahun 1830 tepatnya bulan Januari, Thomas Attwood mendirikan sebuah organisasi yang bergerak dalam bidang politik yang disebut dengan Birmingham Political Union atau jika diartikan dalam bahasa Indonesia bermakna Persatuan Politik Birmingham. Tujuan berdirinya organisasi ini adalah untuk mendesak pemerintah agar segera melakukan pengesahan terhadap RUU Reformasi pada tahun 1832. Faktor yang melandasi organisasi ini adalah karena terjadi kesulitan dalam bidang ekonomi yang meluas, terutama setelah tahun 1826. Setelah berdirinya organisasi ini banyak terjadi aksi protes yang dilakukan oleh para pekerja untuk menyelamatkan reformasi mata uang. Setelah RUU Reformasi disahkan, Attwood dipilih dan diangkat menjadi anggota parlemen di Birmingham, dan berhasil menjabat sampai tahun 1839.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Suffrage | Definition, History, & Facts | Britannica". www.britannica.com (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-06-07. Diakses tanggal 2022-12-29.