This Boy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
"This Boy"
Singel oleh The Beatles
Sisi-A "I Want to Hold Your Hand"
Dirilis 29 November 1963
Direkam 17 Oktober 1963
Genre Beat
Panjang 2:13
Label Parlophone
Pencipta Lennon–McCartney
Produser George Martin
Kronologi singel The Beatles
"She Loves You"
(1963)
"I Want to Hold Your Hand"
(1963)
"Can't Buy Me Love"
(1964)


"This Boy" adalah lagu The Beatles yang dirilis pada bulan November 1963 sebagai Sisi-B singel "I Want to Hold Your Hand" di bawah label Parlophone.

The Beatles menampilkannya secara langsung pada 16 Februari 1964 dalam kemunculan mereka yang kedua di The Ed Sullivan Show. Lagu ini juga dijadikan sebagai track ketiga pada sisi pertama Meet the Beatles! yang dirilis di Amerika. "This Boy" diremaster untuk format CD oleh George Martin dan dirilis tahun 1988 dalam kompilasi Past Masters, Volume One. Pada 9 September 2009, lagu ini dirilis kembali dalam dua set CD Past Masters, sebagai bagian dari remastering katalog asli Beatles yang kemudian disertakan dalam The Beatles Stereo Box Set dan The Beatles in Mono.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Komposer lagu ini adalah John Lennon [1][2] dengan gaya penyanyi Motown, Smokey Robinson,[3] khususnya karena pengaruh lagu "I've Been Good to You". Paul McCartney juga mengakui adanya pengaruh lagu hit The Teddy Bears tahun 1959, "To Know Him Is To Love Him".[2] Dalam lagu ini, Lennon, McCartney, dan George Harrison bersama-sama membawakannya dengan teknik harmoni rapat tiga bagian pada verse dan refrainnya[4]. Lagu lain yang serupa dalam penulisan dan teknik menyanyi adalah "Yes It Is" dan "Because".

Versi instrumental lagu ini digubah oleh George Martin, yang digunakan sebagai musik insidental dalam potongan film towpath Ringo Starr di A Hard Day's Night. Potongan ini diberi judul "Ringo's Theme (This Boy)" dan dirilis sebagai singel, namun gagal di tangga lagu Inggris pada 7 Agustus 1964 dengan "And I Love Her" pada sisi-B,[5]. Lagu ini menempati peringkat 53 di American Top 100 pada akhir tahun itu. Lagu ini disertakan dalam album Off the Beatle Track (Parlophone) dan EP Music From A Hard Day’s Night oleh George Martin Orchestra yang dirilis pada 19 Februari 1965. Selain itu, lagu ini muncul pula dalam album soundtrack A Hard Day's Night versi Amerika.

Putra John, Sean, menyanyikan lagu ini dengan mengisi bagian vokal John dalam Come Together: A Night for John Lennon's Words and Music, sebuah konser tribute pada 2 Oktober 2001, di Radio City Music Hall.

Perekaman[sunting | sunting sumber]

The Beatles merekam "This Boy" pada tanggal 17 Oktober 1963. Pada hari yang sama, mereka juga merekam "I Want To Hold Your Hand", yang merupakan singel kelab penggemar Natal pertama mereka, dan juga sebuah versi "You Really Got A Hold On Me".

Mereka merekam 15 kali take dengan dua overdub. Lagu ini direkam dengan akhir yang berputar (rounded ending), walaupun menjadi pudar dalam sesi mixing tanggal 21 Oktober. Dua take disambungkan bersama untuk membuat master final, dengan edit antara bridge dan verse final (1:28).[2]

Rekaman alternatif juga secara resmi dirilis. Sebuah versi live yang ditampilkan dalam The Morecambe and Wise Show pada tahun 1963, dirilis dalam Anthology 1 dan 2 take tak lengkap dari rekaman asli dirilis sebagai track dalam singel Free as a Bird.

Personil[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Harry 1992, hlm. 650.
  2. ^ MacDonald 1998, hlm. 92.
  3. ^ Sheff 2000, hlm. 193.
  4. ^ Lewisohn 1988, hlm. 36.
  5. ^ The Beatles Record Collection 2011.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]