Thirteen (film 2003)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Thirteen
Poster film Thirteen
SutradaraCatherine Hardwicke
ProduserJeff Levy-Hinte
Michael London
Ditulis olehCatherine Hardwicke
Nikki Reed
PemeranHolly Hunter
Evan Rachel Wood
Nikki Reed
Penata musikMark Mothersbaugh
SinematograferElliot Davis
PenyuntingNancy Richardson
Perusahaan
produksi
Working Title Films
Antidote Films[1]
DistributorSearchlight Pictures
Tanggal rilis
Durasi100 menit[2]
NegaraAmerika Serikat
BahasaBahasa Inggris
Anggaran$1 juta
Pendapatan
kotor
$10.128.960[3]

Thirteen adalah film drama Amerika Serikat tahun 2003 yang disutradarai oleh Catherine Hardwicke dan diproduseri oleh Jeff Levy-Hinte dan Michael London. Naskah film ini ditulis oleh Catherine Hardwicke dan Nikki Reed. Film ini dibintangi oleh Holly Hunter, Evan Rachel Wood dan Nikki Reed.

Film Thirteen ditayangkan secara perdana di Festival Film Sundance pada tanggal 17 Januari 2003[4][5] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 20 Agustus 2003.[6] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Tracy Freeland (Evan Rachel Wood) yang berusia 13 tahun memulai tahun ajarannya sebagai siswa teladan yang cerdas dan santun di SMP di Los Angeles. Ibu tunggalnya, Melanie (Holly Hunter), adalah seorang pecandu alkohol yang sedang memulihkan diri, yang berusaha membiayai Tracy dan kakak laki-lakinya, Mason (Brady Corbet), dengan bekerja sebagai penata rambut. Tracy merasa diabaikan oleh ibunya, yang terlalu sibuk dengan mantan kekasih Melanie, Brady (Jeremy Sisto), membuat Tracy semakin depresi. Di hari pertama kelas tujuh, Tracy bertemu dengan Evie Zamora (Nikki Reed), gadis paling populer di kelas Tracy. Setelah dirundung oleh teman-teman Evie karena pakaian "Cabbage Patch" miliknya, Tracy merasa malu dan memutuskan untuk melepaskan citra "gadis kecil" miliknya. Di sebuah toko milik teman Melanie, Tracy senang menemukan pakaian yang lebih modis dan Melanie membayarnya.

Keesokan harinya Tracy memakai salah satu pakaian barunya ke sekolah. Saat makan siang, ia duduk di dekat Evie dan mengamatinya hingga ia akhirnya melihat Evie pergi ke kamar mandi dan mengikutinya. Evie, yang tampaknya menyadari bahwa Tracy mengikutinya, memuji pakaian baru Tracy, lalu Tracy juga memuji Evie. Setelah beberapa saat, Evie mengundang Tracy untuk berbelanja di Melrose Avenue di Hollywood, menuliskan nomor teleponnya di buku alamat Tracy.

Bersemangat dan penuh harapan, Tracy memanggil nomor itu sepulang sekolah, tetapi setelah dua kali mencobanya, Tracy menyadari bahwa Evie memberinya nomor telepon palsu untuk mengerjainya. Namun demikian, Tracy tetap muncul di Melrose Avenue dan bertemu dengan Evie dan sahabatnya, Astrid (Jenicka Carey). Evie dan Astrid tampak terkejut dan geli melihat Tracy muncul dan menertawakannya begitu Tracy tiba. Tracy menyaksikan mereka berdua mencuri dan keluar dari toko. Ia duduk di bangku di luar toko dan beberapa saat kemudian, seorang wanita duduk di sebelahnya. Dompet wanita itu terbuka, memperlihatkan dompetnya, yang diambil oleh Tracy. Ia menemukan Evie dan Astrid dan mereka bertiga pergi berbelanja dengan uang curian.

Setelah itu, Tracy kembali ke rumah dan menyadari bahwa Melanie telah mengundang Brady untuk makan malam. Sebuah kilas balik menunjukkan Brady meninggalkan narkoba, membuat Tracy trauma.

Tracy dan Evie menjadi tak terpisahkan. Evie memperkenalkan Tracy ke dunia seks, narkoba dan kriminal, yang membuat Tracy sangat senang. Evie memberitahu Melanie bahwa Brooke (Deborah Kara Unger), sepupu dan wali Evie yang sudah dewasa, berada di luar kota selama dua minggu dan Melanie setuju untuk membiarkannya tinggal di rumahnya bersama Tracy. Saat tinggal di sana, Evie mengetahui bahwa Tracy diam-diam memotong dirinya sendiri untuk mengatasi depresi. Meskipun Melanie prihatin dengan perubahan perilaku Tracy dan khawatir tentang sejauh mana pengaruh Evie, ia tidak dapat menemukan cara untuk mencegahnya. Melanie mencoba mengirim Evie pulang, tetapi ia terpaksa membiarkannya tinggal setelah Evie mengaku kekasih Brooke melakukan kekerasan fisik. Saat Tracy dan Evie semakin dekat, Tracy membuat Melanie semakin menjauh dari hidupnya.

Evie dan Tracy semakin tak terkendali. Mereka berdua berusaha merayu tetangga Tracy, Luke (Kip Pardue), seorang penjaga pantai berusia dua puluhan dan bersenang-senang malam hari di sepanjang jalan di Hollywood. Mason terkejut ketika ia berpapasan dengan Tracy yang mengenakan pakaian seksual, termasuk celana dalam thong, tetapi Tracy menepis kekhawatiran Mason. Kemudian, mereka berdua bergantian menghirup sekaleng gas hingga sangat mabuk sehingga mereka mulai saling memukul dan meninju.

Melanie mencoba untuk memutuskan persahabatan gadis-gadis dengan mengirim Tracy untuk tinggal bersama ayahnya, seorang pengusaha yang sibuk, tetapi Tracy menolak. Setelah masa tinggal Evie lebih dari dua minggu, Melanie tidak berhasil menghubungi Brooke hingga ia kemudian mengunjungi rumah Brooke bersama Evie dan Tracy. Mereka menemukan bahwa Brooke bersembunyi karena operasi plastik yang gagal. Evie meminta Melanie untuk mengadopsinya secara resmi, tetapi Melanie menolak Evie dan Tracy mendukung keputusan ibunya. Marah dan terluka, Evie yang berlinang air mata pergi. Kemudian di sekolah, Evie membuat teman-temannya melawan Tracy dan Tracy perlahan mulai menyadari efek negatif dari gaya hidupnya ketika Tracy diberitahu bahwa ia tidak naik kelas dan harus mengulang kelas tujuh.

Saat berjalan pulang dari sekolah, Brady menawarkan Tracy tumpangan dan membawanya pulang di mana Melanie, Evie dan Brooke sedang duduk diam di ruang tamu menunggunya. Brooke marah dengan Tracy tentang penggunaan narkoba dan mencuri, setelah ia yakin bahwa Tracy membawa pengaruh buruk pada Evie. Marah, Tracy bersikeras bahwa Evie adalah penghasutnya, tetapi Brooke yang skeptis menolak untuk mendengarkan dan memberitahu bahwa ia mengirim Evie ke Ojai untuk menjauhkannya dari Tracy. Melanie membela Tracy yang tidak bersalah, tetapi Brooke kemudian menarik lengan baju Tracy untuk menunjukkan bekas luka Tracy kepada Melanie. Setelah perseteruan adu mulut, Brooke dan Evie pergi. Tracy menangis di pelukan Melanie dan berusaha melawan pelukan ibunya. Tracy menangis memohon pada Melanie untuk melepaskannya, tetapi Melanie tetap bertahan dan mereka berdua tertidur bersama di tempat tidur Tracy. Adegan terakhir menunjukkan Tracy berputar-putar di taman komidi putar dan berteriak pada siang hari.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Holly Hunter sebagai Melanie Freeland
  • Evan Rachel Wood sebagai Tracy Freeland
  • Nikki Reed sebagai Evie Zamora
  • Jeremy Sisto sebagai Brady
  • Brady Corbet sebagai Mason Freeland
  • Deborah Kara Unger sebagai Brooke LaLaine
  • Kip Pardue sebagai Luke
  • Sarah Clarke sebagai Birdie
  • D. W. Moffett sebagai Travis Freeland
  • Vanessa Hudgens sebagai Noel
  • Jenicka Carey sebagai Astrid
  • Ulysses Estrada sebagai Rafa
  • Sarah Blakely-Cartwright sebagai Medina
  • Jasmine Di Angelo sebagai Kayla
  • Tessa Ludwick sebagai Yumi
  • Cynthia Ettinger sebagai Cynthia
  • Charles Duckworth sebagai Javi

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Thirteen mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 81%, berdasarkan 154 ulasan, dengan rating rata-rata 7,3/10.[7] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 70 dari 100, berdasarkan 37 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[8]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Thirteen mendapatkan $4.601.043 di Amerika Utara dan $5.527.917 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $10.128.960, melebihi anggaran produksi film $1 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $116.260, menempati posisi ke-41 di box office.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Thirteen (2003)". AFI Catalog of Feature Films. 
  2. ^ "Thirteen (18)". British Board of Film Classification. August 8, 2003. Diakses tanggal August 14, 2021. 
  3. ^ a b c "Thirteen (2003)". Box Office Mojo. Diakses tanggal August 14, 2021. 
  4. ^ Rochlin, Margy (August 10, 2003). "FILM; The Rookie and The 13-Year-Old". The New York Times. Diakses tanggal April 24, 2018. 
  5. ^ "2003 Sundance Film Festival - 'Thirteen' Screening". Getty Images. January 17, 2003. Diakses tanggal April 23, 2018. 
  6. ^ "Thirteen (2003)". Lembaga Film Amerika. Diakses tanggal December 28, 2017. 
  7. ^ "Thirteen (2003)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  8. ^ "Thirteen reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]