The Way of Peace (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Way of Peace
SutradaraFrank Tashlin
ProduserWah Ming Chang
Blanding Sloan
Ditulis olehFrank Tashlin
PemeranLew Ayres (narator)
Penata musikEddison von Ottenfeld
SinematograferWah Ming Chang
PenyuntingStuart O'Brien
Perusahaan
produksi
Christian Films
East West Studio
DistributorWartburg Press
Tanggal rilis
23 April 1947
Durasi18 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris

The Way of Peace (1947) adalah sebuah film animasi boneka, yang dibiayai oleh Gereja Lutheran di Amerika, yang memberikan pandangan hidup Kristen pada Zaman Atom. Film tersebut disutradarai oleh Frank Tashlin, diproduksi oleh Wah Ming Chang, dan narasinya dibacakan oleh Lew Ayres. Pada 2014, film tersebut terpilih untuk penyajian dalam Pendaftaran Film Nasional Amerika Serikat oleh Perpustakaan Kongres karena "signifikan secara budaya, sejarah, atau aestetik."[1]

Alur[sunting | sunting sumber]

Film tersebut adalah sebuah perumpamaan Kristen tentang akhir zaman pada Zaman Atom yang dikisahkan dengan animasi boneka. Cangkupan film tersebut luas, dari penciptaan dunia sampai kelahiran Yesus sampai penghancuran Bumi menggunakan atom. Para kritikus menyatakan bahwa film tersebut adalah penceramahan, dan secara keseluruhan tak seperti film lainnya dalam badan karya Tashlin.

Latar belakang produksi[sunting | sunting sumber]

  • Produser Wah Ming Chang adalah seorang perancang terkenal, dan Lew Ayres adalah seorang pemeran terkenakl yang menjadi obyektor konsaintis pada Perang Dunia II.
  • Pendeta H. K. Rasbach, seorang penasehat berkelanjutan pada film-film berbiaya besar seperti The Ten Commandments (1956) dan The Greatest Story Ever Told (1965), menyediakan pengarahan teknikal dan konsep cerita.
  • Film tersebut tayang perdana di Constitution Hall, Washington, D.C., dengan lebih dari 2,700 hadirin, termasuk para anggota Kongres, perwakilan Dewan Tertinggi dan 750 pemimpin dari berbagai cabang pemerintahan.[2]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]