The Way, Way Back

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Way, Way Back
Poster film The Way, Way Back
SutradaraNat Faxon
Jim Rash
ProduserKevin J. Walsh
Tom Rice
Ditulis olehNat Faxon
Jim Rash
PemeranSteve Carell
Toni Collette
Allison Janney
AnnaSophia Robb
Sam Rockwell
Maya Rudolph
Liam James
Rob Corddry
Amanda Peet
Penata musikRob Simonsen
SinematograferJohn Bailey
PenyuntingTatiana S. Riegel
Perusahaan
produksi
Sycamore Pictures
Odd Lot Entertainment
DistributorSearchlight Pictures
Tanggal rilis
  • 21 Januari 2013 (2013-01-21) (Festival Film Sundance)
  • 5 Juli 2013 (2013-07-05) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 26 Juli 2013 (2013-07-26) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi103 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaBahasa Inggris
Anggaran$5 juta[2]
Pendapatan
kotor
$26.853.810[3][4]

The Way, Way Back adalah film drama komedi Amerika Serikat tahun 2013 yang disutradarai oleh Nat Faxon dan Jim Rash dan diproduseri oleh Kevin J. Walsh dan Tom Rice. Naskah film ini ditulis oleh Nat Faxon dan Jim Rash. Film ini dibintangi oleh Steve Carell, Toni Collette, Allison Janney, AnnaSophia Robb, Sam Rockwell, Maya Rudolph, Liam James, Rob Corddry dan Amanda Peet.

Film The Way, Way Back ditayangkan secara perdana di Festival Film Sundance pada tanggal 21 Januari 2013[5] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 5 Juli 2013 secara terbatas dan 26 Juli 2013 secara luas.[6] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Duncan (Liam James), yang berusia empat belas tahun dari Albany, New York, terpaksa pergi berlibur musim panas ke sebuah rumah di tepi pantai dekat Cape Cod, Massachusetts bersama ibunya, Pam (Toni Collette); kekasihnya yang kaya, Trent (Steve Carell); dan putri Trent yang angkuh, Steph (Zoe Levin). Trent selalu menghina dan merendahkan Duncan dengan berkomentar dan membuat gestur yang merendahkan dan kasar terhadapnya. Steph mengikuti sikap ayahnya terhadap Duncan dan dimanjakan oleh Trent. Dalam perjalanan ke rumah pantai, Trent meminta Duncan untuk menilai dirinya sendiri dalam skala satu hingga sepuluh; Duncan menilai dirinya enam sementara Trent menilai Duncan tiga. Mereka tiba di rumah pantai dan disambut oleh para tetangga: Betty (Allison Janney) yang suka berteman dan suka minum, anak-anaknya Susanna (AnnaSophia Robb) dan Peter (River Alexander) serta pasangan suami istri Kip (Rob Corddry) dan Joan (Amanda Peet). Malamnya, Duncan dan Susanna berbicara canggung dari teras rumah mereka.

Duncan menemukan sepeda gadis kecil di garasi rumah pantai dan menggunakannya untuk menjelajahi kota. Di restoran pizza, ia bertemu dengan karyawan Water Wizz, taman air lokal. Ia bertemu Owen (Sam Rockwell), yang sedang bermain Pac-Man, dan akhirnya Owen mengajak Duncan dan menunjukkan taman air kepadanya. Duncan bertemu dengan sekelompok karyawan yang penuh warna di taman: Caitlin (Maya Rudolph), Lewis (Jim Rash) dan Roddy (Nat Faxon). Beberapa anak di taman air berbicara tentang seluncuran Devil's Peak, bertanya-tanya bagaimana cara melewatinya. Owen merekrut Duncan untuk pekerjaan sampingan di Water Wizz.

Di luar taman, Duncan selalu diabaikan oleh ibunya, Pam, yang menikmati minum-minum, keluar di malam hari dan merokok ganja dengan para tetangga dewasa lainnya. Pada acara masak-memasak Fourth of July, Susanna melihat bahwa Duncan kesal tentang hal ini dan mengundangnya untuk berburu kepiting hantu dengannya dan Peter, di mana Susanna berbicara tentang ayahnya yang tidak ada dan membantu Duncan untuk membuka diri. Malamnya, Duncan melihat Trent dan Joan selingkuh di samping rumah, tetapi Duncan tidak mengungkapkan apa yang dilihatnya.

Pam mulai curiga bahwa Trent dan Joan berselingkuh, tetapi Trent meyakinkan bahwa tidak ada yang terjadi. Kemudian, Duncan berseteru dengan Pam di depan teman-teman dan tetangga dan meminta Pam untuk menghadapi Trent dan menyingkirkannya. Trent membalas Duncan dengan memberitahunya bahwa ayah kandungnya tidak menginginkannya hingga Duncan pergi. Susanna mengikutinya dan menghibur Duncan di pantai. Duncan mencoba mencium Susanna, tetapi Susanna menjauh, membuat Duncan semakin kesal. Ditemani oleh Peter, Duncan pergi ke Water Wizz di mana Owen mengadakan pesta untuk Lewis.

Setelah menghabiskan sepanjang malam dengan teman-temannya di Water Wizz, Duncan masih di taman keesokan paginya, menolak untuk pergi. Owen bertemu dengannya dan bertanya kepadanya mengapa ia tidak ingin pulang. Duncan memberitahu Owen tentang hubungannya dengan Trent dan bagaimana taman air adalah satu-satunya tempat ia merasa bahagia dan diterima. Owen iba dengan masalah Duncan.

Ketika Duncan tiba kembali di rumah pantai, Pam memberitahunya bahwa mereka pergi bersama Trent dan Steph. Betty dan anak-anaknya datang untuk mengucapkan selamat tinggal. Susanna akhirnya mencium Duncan. Ketika Trent berhenti untuk mengisi bensin dalam perjalanan keluar kota, Duncan keluar dari mobil dan berlari ke Water Wizz, diikuti oleh ibunya, kemudian Trent dan Steph. Duncan memberitahu Owen dan karyawan lainnya bahwa ia harus pergi dan memberitahu Owen untuk mengikutinya. Ia membawa Owen ke seluncuran Devil's Peak dan Duncan menjadi orang pertama yang melakukannya, sementara orang-orang di taman air menontonnya. Setelah memperkenalkan Owen kepada ibunya, Duncan mengucapkan selamat tinggal kepada semua orang di taman air. Owen memberitahu Pam bahwa ia memiliki anak yang hebat dan memperkenalkan dirinya kepada Trent. Trent, Steph, Pam dan Duncan kembali ke dalam mobil di mana Pam akhirnya membela dirinya sendiri ketika mereka pergi ke luar kota. Pam pindah ke belakang mobil Trent tempat Duncan duduk dan mereka berbagi senyum ketika protes Trent terdengar.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film The Way, Way Back mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 83%, berdasarkan 181 ulasan, dengan rating rata-rata 7,3/10.[7] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 68 dari 100, berdasarkan 41 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[8]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film The Way, Way Back mendapatkan $21.502.690 di Amerika Utara dan $5.351.120 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $26.853.810, melebihi anggaran produksi film $5 juta.[4]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $552.788, menempati posisi ke-13 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $3.445.814, menempati posisi ke-11 di box office.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Way Way Back (12A)". British Board of Film Classification. September 18, 2013. Diakses tanggal September 14, 2019. 
  2. ^ Chai, Barbara (July 3, 2013). "The Water Park Behind 'The Way, Way Back'". The Wall Street Journal. Dow Jones & Company. Diakses tanggal October 29, 2013. 
  3. ^ a b "The Way, Way Back (2013)". Box Office Mojo. Diakses tanggal September 14, 2019. 
  4. ^ a b "The Way Way Back (2013)". The Numbers. Diakses tanggal September 14, 2019. 
  5. ^ "The Way, Way Back". Sundance Film Festival. The Sundance Institute. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 30, 2012. Diakses tanggal March 23, 2014. 
  6. ^ Knegt, Peter (July 8, 2013). "Specialty Box Office: 'Way, Way Back' Scores Strong Debut; 'Midnight' Tops 'Sunrise' and 'Sunset'". IndieWire. Penske Business Media. Diakses tanggal March 23, 2014. 
  7. ^ "The Way Way Back (2013)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal September 14, 2019. 
  8. ^ "The Way Way Back reviews". Metacritic. Diakses tanggal September 14, 2019. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]