The Statler Brothers

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

The Statler Brothers adalah salah satu grup vokal yang terkenal di Amerika yang menampilkan dan bergenre musik country dan gospel atau Rohani yang berbentuk Quartet dari Amerika yang didirikan pada 1955 di Staunton, Virginia. Grup ini satu-satunya grup pada zaman itu yang mendapatkan penghargaan terbanyak daripada Quartet-quartet lainya.

Awalnya menampilkan musik gospel di gereja - gereja lokal, mereka menamakan grupnya The Four Star Quartet, dan kemudian The Kingsmen. Pada 1963, saat lagu "Louie, Louie" oleh band beraliran garage rock yang bernama The Kingsmen menjadi terkenal, grup ini memilih untuk menamakan mereka The Statler Brothers. Terlepas dari namanya, hanya dua anggota grup (Don dan Harold Reid) yang merupakan saudara dan tidak memiliki nama keluarga "Statler". Grup ini, pada kenyataannya, menamakan diri mereka setelah melihat sebuah merek tisu wajah di kamar hotel (mereka bergurau mereka bisa saja berubah nama menjadi The Kleenex Brothers). Don Reid bersuara lead, Harold Reid, kakak Don, bersuara bass. Phil Balsley bersuara bariton dan Lew DeWitt bersuara tenor sebelum diggantikan oleh Jimmy Fortune pada 1980-an. DeWitt meninggal pada 15 Agustus 1990.

Gaya grup vocal ini berhubungan erat dengan musik gospel selatan mereka. "Kami menyanyikan harmoni gospel," kata Harold Reid, "dan membawakannya dalam musik country". Selain itu, The Statler Brothers pernah menjadi salah satu grup vocal Johnny Cash yang sering berada pada penampilan musik pada zaman itu. The Statler Brothers bersama Johnny Cash dari awal 1960an hingga akhir 1970an.

Grup ini sangat berhubungan dengan musik gospel, dengan mayoritas dari album rekaman mereka berisi setidaknya satu lagu gospel. The Statler Brothers juga menulis lagu tentang Johnny Cash, orang yang membuat mereka terkenal. Lagu itu berjudul "We Got Paid By Cash" dan menceritakan mereka saat bersama Johnny Cash.