The Producers (musical)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

The Producers adalah sebuah opera komedi musikal karya Mel Brooks dan Thomas Meehan yang diadaptasi dari film Mel pada tahun 1968 dengan judul yang sama. Lirik lagu-lagunya diciptakan oleh Mel Brooks sementara musiknya diciptakan berdua oleh Mel dan Glen Kelly.

Seperti juga di filmnya, cerita opera ini berpusat pada dua orang produser teater yang mencoba menjadi kaya melalui usaha penipuan, yaitu dengan menjual tiket-tiket sebanyak-banyaknya untuk sebuah karya opera Teater Broadway yang gagal yang dirancang hanya untuk muncul sekali dan kemudian tidak diteruskan lagi. Situasi yang rumit muncul ketika karya mereka tersebut ternyata justru menjadi sukses. Kesuksesan ini menyebabkan mereka menjadi rugi besar dan berusaha untuk melarikan diri.

Humor pertunjukan ini bisa diterima oleh semua lapisan penontonnya, mulai dari aksen yang dibuat-buat, olok-olok mengenai homoseksual dan Nazi, serta kelucuan-kelucuan dalam dunia pertunjukan. Opera komedi musikal ini menjadi sebuah sukses di New York, menyebabkan pertunjukan ini mengadakan penampilan secara nasional di Amerika Serikat dan produksi karya yang sama di London dan di beberapa negara lainnya dengan sukses.

Adalah David Geffen yang berhasil membujuk Mel Brooks untuk membuat film-nya menjadi sebuah pertunjukan musikal panggung. Ketika Mel bertemu dengan Jerry Herman untuk mendiskusikan kemungkinan kerjasama mereka, Herman menolaknya dengan alasan bahwa Mel seharusnya mengerjakan proyek ini sendiri karena Mel adalah juga seorang penulis lagu yang baik. Mel kemudian meminta Thomas Meehan untuk bergabung dengannya dalam menulis buku untuk pertunjukan ini. Ia juga membujuk Mike Ockrent dan istrinya Susan Stroman untuk bergabung dalam sebuah tim kreatif sebagai sutradara dan koreografer. Pasca wafatnya Mike Ockrent pada tanggal 6 Desember 1999, Susan Stroman setuju untuk melanjutkan peran-sertanya dalam produksi karya ini baik sebagai sutradara maupun sebagai koreografer. Tambahan terakhir di tim kreatif ini adalah Glen Kelly yang berperan sebagai penata dan pengarah musik.

Opera komedi musikal ini pertama kali tampil pada tanggal 19 April 2001 dan berlangsung hingga 2.502 penampilan. Karya ini memenangkan 12 Tony Awards, sebuah rekor baru bagi sebuah opera. Pada tahun 2005 sebuah film dengan judul yang sama dibuat berdasarkan karya opera komedi musikal ini, dibintangi oleh Nathan Lane, Matthew Broderick dan Uma Thurman.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

"The Producers" di Internet Broadway Database (http://www.ibdb.com/production.asp?id=12826) http://archives.cnn.com/2001/SHOWBIZ/Movies/04/19/the.producers/