The Mountain Eagle

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
The Mountain Eagle
Sutradara Alfred Hitchcock
Produser Michael Balcon
Skenario
Cerita Charles Lapworth
Pemeran
Sinematografi Gaetano di Ventimiglia
Studio
Distributor
Tanggal rilis
Durasi 57 menit
Negara Britania Raya
Bahasa Film bisu, teks bahasa Inggris

The Mountain Eagle (bahasa Indonesia: Elang Gunung) adalah sebuah film bisu Britania Raya tahun 1927 yang film kedua yang disutradari Alfred Hitchcock setelah The Pleasure Garden. Film ini bertemakan melodrama romantis dengan latar di Kentucky. The Mountain Eagle menceritakan seorang duda (Bernhard Goetzke) yang berlomba dengan anak laki-lakinya yang cacat (John F. Hamilton) dan seorang pria yang ia segani (Malcolm Keen) untuk memperebutkan hati seorang guru sekolah (Nita Naldi). Film ini kebanyakan diproduksi di studio Emelka Film di Munchen, Jerman pada musim gugur tahun 1925, dengan adegan luar ruangan diambil di desa Obergurgl di Negara Bagian Tyrol, Austria. Produksi film mengalami beberapa kendala seperti hancurnya atap bangunan dan Hitchcock yang mengalami penyakit ketinggian. Karena diproduksi di Jerman, Hitchcock memiliki kebebasan menyutradara dibandingkan di Inggris dan juga dipengaruhi oleh gaya dan teknik sinematika Jerman.

The Mountain Eagle dipertontonkan kepada para produsernya pada Oktober 1926 yang tidak menyetujuinya. Setelah suksesnya karya Hitchcock lain, The Lodger: A Story of the London Fog, The Mountain Eagle dirilis pada Mei 1927. Film tersebut menerima tanggapan sedikit dan dikritik dengan kurangnya nilai realismenya bahkan Hitchcock sendiri lega bahwa film ini hilang. 6 fragmen The Mountain Eagle yang masih bertahan diproduksi ulang dalam buku François Truffaut dan kemudian lebih banyak fragmen ditemukan. Pada tahun 2012, satu set 24 fragmen ditemukan dalam sebuah arsip dari seorang Hitchcock. Komisi Perfilman Cine Tirol menyebutnya sebagai "film yang paling dicari sedunia", dan Institut Film Britania menuliskan film ini pada puncak daftar film yang hilang mereka dan aktif dalam melakukan pencariannya.

Plot[sunting | sunting sumber]

Film ini mengambil latar di Kentucky. Istri seorang pria bernama J. P. Pettigrew (Bernhard Goetzke) meninggal karena melahirkan anaknya yang diberi nama Edward (John F. Hamilton), yang terlahir cacat. Pettigrew segan terhadap seorang pria bernama John ("Fear o' God") Fulton (Malcolm Keen) yang juga jatuh cinta kepada istri Pettigrew. Pettigrew melihat anaknya yang kini telah dewasa bercinta dengan seorang guru bernama (Nita Naldi) dan menentang hubungan tersebut. Pettigrew berusaha untuk merangkul Beatrice namun Beatrice menolaknya. Edward melihatnya kemudian kabur dari desa.

Pettigrew menjadi marah dengan penolakan Beatrice dan hilangnya anaknya. Ia mencoba untuk membuat Beatrice ditahan sebagai seorang pekerja seks komersial. John mencegah rencana Pettigrew dengan menikahi Beatrice dan membawanya ke pondoknya di mana mereka saling jatuh cinta/ Beatrice hamil. Pettigrew membalaskan dendamnya dengan membuat John dipenjara setelah membunuh anaknya Edward (yang hilang).

Setahun kemudian, John keluar dari penjara dan mencoba melarikan diri dengan Beatrice dan anaknya. Namun, Beatrice jatuh sakit dan John harus kembali ke desa untuk mencari seorang dokter. Di sana menemukan bahwa Edward telah muncul kembali. Hubungan John kini bersih dan ia bebas dari segala tuduhan pembunuhan. Pettigrew kemudian tidak sengaja tertembak dan tidak lagi mengancam John dan keluarganya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Nita Naldi adalah pemeran tokoh Beatrice.

Film yang hilang[sunting | sunting sumber]

The Mountain Eagle menjadi satu-satunya film besutan Hitchcock yang dinilai sebagai film yang hilang di mana film cetaknya tidak diketahui keberadaannya.[1][2][3] 6 fragmen ditemukan dan direproduksi dalam buku karya François Truffaut.[4] Lebih banyak fragmen kemudia ditemukan yang kebanyakan direproduksi dalam buku karya Dan Auiler.[5] Sebuah kartu lobi untuk film ini ditemukan di dalam sebuah kotak berisikan fragmen-fragmen film yang rusak di sebuah pasar loak di Rowley, Massachusetts. Tahun 2012, sebuah set 24 foto fragmen ditemukan di dalam sebuah arsip dari salah satu teman dekat Hitchcock. Walaupun gambar-gambar tersebut memberikan petunjuk dari film ini dan bagaimana ceritanya, mereka diambil dari adegan di set lokasi ketimbang fragmen dari film itu.[6] Gambar-gambar ini kemudian dilelang di Los Angeles dan terjual pada harga 6.000 Dolar AS (3.700 Poundsterling Britania).[7] Catatan Hitchcock merekam perjalanannya menuju Obergurgl menaiki kereta, kuda dan keretanya, dan berjalan kaki.[7]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Desa Obergurgl di Negara Bagian Tyrol, di mana pengambilan gambar luar ruangan untuk film ini diambil.

Baik The Pleasure Garden dan The Mountain Eagle diproduksi dengan kerja sama Emelka Film Studios di Munchen, Jerman.[8][4] Kedua film kebanyakan diambil gambar di Emelka di Munchen pada musim gugur tahun 1925[9][10] dan pengambilan gambar di luar ruangan dilakukan di Obergurgl yang sekarang merupakan bagian dari Sölden di Negara Bagian Tyrol di Austria bagian barat daya,[11] Pegunungan Alpen Ötztal yang menjulang menjadi gambaran dari pegunungan di Kentucky. Karena diproduksi di Jerman, Hitchcock memiliki lebih banyak kebebasan bersutradara dibandingkan yang ia dapat miliki di Inggris. Pengaruh dari perfilman Jerman tampak jelas dari karya-karya awalnya.[12]

Produksi film ini mengalami beberapa kendala. Cuaca buruk selama pengambilan gambar merupakan sumber masalah yang terus berlanjut. Hitchcock dan krunya sulit berhubungan dengan penduduk setempat. Hitchcock memerintahkan agar salju dari padang rumput dibersihkan dan memerintahkan sukarelawan setempat meledakkannya yang menyebabkan beberapa atap bangunan di sekitarnya runtuh.[7] Walikota meminta kompensasi sebesar 1 shilling, namun Hitchcock memberi wanita yang memiliiki rumah yang atapnya hancur tersebut 2 shilling untuk mengganti perbaikan serta atas ketidaknyamanan yang dibuat.[7] Hitchcock menyinggung perasaan penduduk setempat dengan menolak untuk menginap di penginapan desa. Ia juga menjadi sakit dengan ketinggian. Ia menyalahkan penyakitnya tersebut sebagai reaksi dari suara parau yang ada pada logat bahasa setempat.[7]

The Mountain Eagle awalnya dipertontonkan kepada para produsernya pada Oktober 1926,[11] namun mereka tidak terlalu menyuakainya sehingga film ini diputuskan untuk disimpan.[13] Namun, dengan suksesnya film besutan Hitchcock lainnya, The Lodger: A Story of the London Fog, yang dirilis pada Februari 1927, para produser memutuskan untuk merilis The Mountain Eagle 3 bulan kemudian pada 23 Mei 1927.[11] Film ini dilaporkan dirilis di Amerika Serikat dengan judul Fear o' God, namun judul pada kartu lobi Amerika Serikat yang ditemukan tampak memperlihatkan hal sebaliknya.[14] Sejarawan film J. Larry Kuhns berpendapat bahwa film ini tidak pernah dirilis dengan judul tersebut.[15]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ McDevitt, Jim; Juan, Eric San (1 April 2009). A Year of Hitchcock: 52 Weeks with the Master of Suspense. Scarecrow Press. hlm. 10. ISBN 978-0-8108-6389-7. 
  2. ^ Haley, Michael (1981). The Alfred Hitchcock album. Prentice-Hall. hlm. 163. ISBN 978-0-13-021451-5. 
  3. ^ Kennedy, Maev (5 Juli 2012). "BFI launches hunt for missing Hitchcock movie". The Guardian. Diakses 19 Agustus 2013. 
  4. ^ a b Yacowar, Maurice (2010). Hitchcock's British Films. Wayne State University Press. hlm. 18. ISBN 978-0-8143-3494-2. 
  5. ^ Barr, Charles (1999). English Hitchcock. Cameron & Hollis. hlm. 217. 
  6. ^ Malvern, Jack (10 November 2012), 'Lost film' stills found, London: The Times, hlm. 13 
  7. ^ a b c d e Connolly, Kate (28 Desember 2012). "Austrian village holds out hope for lost Hitchcock film". The Guardian. Diakses 19 Agustus 2013. 
  8. ^ Gottlieb, Sidney; Brookhouse, Christopher (2002). Framing Hitchcock: Selected Essays from the Hitchcock Annual. Wayne State University Press. hlm. 63. ISBN 978-0-8143-3061-6. 
  9. ^ Hitchcock O'Connell, Pat; Bouzereau, Laurent (2004). Alma Hitchcock: The Woman Behind the Man. Penguin Group (USA) Incorporated. hlm. 44–5. ISBN 978-0-425-19619-9. 
  10. ^ Spoto, Donald (1992). The Art of Alfred Hitchcock: Fifty Years of his Motion Pictures. Doubleday. hlm. Viii. ISBN 978-0-385-41813-3. 
  11. ^ a b c Strauss, Marc. Alfred Hitchcock's Silent Films. McFarland. hlm. 26. ISBN 978-0-7864-8192-7. 
  12. ^ Skerry, Philip J. (1 Januari 2005). The Shower Scene in Hitchcock's Psycho: Creating Cinematic Suspense And Terror. Edwin Mellen Press. hlm. 96. ISBN 978-0-7734-6051-5. 
  13. ^ Phillips, Gene D. (1984). Alfred Hitchcock. Twayne Publishers. hlm. 32–3. ISBN 978-0-8057-9293-5. 
  14. ^ Veash, Nicole (25 April 1997). "World hunt for lost Hitchcock thriller". The Independent. 
  15. ^ "Most wanted film "The Mountain Eagle" made in Tirol". Cine Tirol Film Commission. Diakses 19 Agustus 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]