The Horla (cerpen)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"The Horla (cerpen) "
PengarangGuy de Maupassant
Judul asli"Le Horla"
NegaraPrancis
BahasaPrancis
GenreHoror
Tanggal terbit1887

"The Horla" (bahasa Prancis: Le Horla) adalah sebuah cerpen horor tahun 1887 yang ditulis dalam gaya catatan harian oleh penulis Prancis Guy de Maupassant, setelah versi awal yang jauh lebih pendek diterbitkan dalam suratkabar Gil Blas, 26 Oktober 1886.

Penulis horor Amerika H.P. Lovecraft, dalam surveinya "Supernatural Horror in Literature" (1927), menyajikan penafsiran atas cerita ini:

Menceritakan kedatangan suatu makhluk gaib di Prancis yang hidup di air dan susu, mempengaruhi pikiran orang lain, dan tampaknya menjadi garda depan segerombol organisme ekstraterestrial yang tiba di bumi untuk menaklukkan dan menguasai umat manusia, narasi tegang ini mungkin tak tertandingi di departemennya.

Cerita ini disebut sebagai inspirasi untuk "The Call of Cthulhu" karangan Lovercraft sendiri, yang juga menampilkan makhluk ekstraterestrial yang mempengaruhi pikiran dan ditakdirkan menaklukkan umat manusia.[1]

Kata horla itu sendiri bukan dari bahasa Prancis, dan merupakan sebuah neologism. Charlotte Mandell, yang menerjemahkan "The Horla" untuk penerbit Melville House, menyatakan dalam kata penutup bahwa kata "horla" adalah gabungan dari kata Prancis hors ("di luar") dan ("di sana") dan bahwa "le horla" terdengar seperti "Orang Luar, sebelah luar, orang Di Luar Sana", dan dapat ditafsirkan secara transliteral sebagai "yang di luar sana".[2]


Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ S. T. Joshi and David E. Schultz, "Call of Cthulhu, The," An H. P. Lovecraft Encyclopedia, p. 28.
  2. ^ de Maupassant, Guy (2005). The Horla. The Art of the Novella. Melville House. ISBN 978-0-9761407-4-0. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]