The Harmonium in My Memory

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Harmonium in My Memory
Theatrical poster
Nama lain
Hangul
Hanja내 마음의
Alih Aksara yang DisempurnakanNae Maeumui Punggeum
McCune–ReischauerNae Maŭmŭi P‘unggŭm
SutradaraLee Young-jae
ProduserSeo Hyun-seok
Ditulis olehLee Young-jae
Berdasarkan
Female Student
oleh Ha Keum-chan
PemeranLee Byung-hun
Jeon Do-yeon
Lee Mi-yeon
Penata musikCho Dong-ik
SinematograferJeon Jo-myeong
PenyuntingKyung Min-ho
Tanggal rilis
  • 27 Maret 1999 (1999-03-27)
NegaraSouth Korea
BahasaKorean

The Harmonium in My Memory (Hangul내 마음의 풍금; RRNae Maeumui Punggeum) adalah [[film Korea Selatan produksi tahun 1999 bergenre drama biografi yang ditulis dan disutradarai oleh Lee Young-jae, dengan produser Seo Hyun-seok, diangkat dari novel semibiografi berjudul Female Student karya Ha Keum-chan. Beberapa bintang yang bermain dalam film ini antara lain Lee Byung-hun, Jeon Do-yeon, dan Lee Mi-yeon.[1] The Harmonium in My Memory dirilis pada tanggal 27 Maret 1999.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1962 di Korea Selatan, Kang Soo-ha, seorang guru berusia dua puluh satu tahun dari Seoul, mengambil pekerjaan pertamanya di sebuah sekolah di pedesaan Gangwon Province. Salah satu siswa tertuanya yang berusia tujuh belas tahun, Yun Hong-yeon, mulai menaruh perhatian kepadanya, meskipun usahanya memikat hati tidak tertanggapi. Sementara itu, Soo-ha justru telah jatuh cinta kepada Yang Eun-hee, sesama guru di sekolah itu.

Soo-ha menugaskan muridnya menulis jurnal harian. Setiap cerita harian yang ditulis Yun Hong-yeon isinya adalah curahan hati yang dirasakan kepada Soo-ha.

Karena sebuah tragedi kebakaran akibat kecerobohan beberapa murid Soo-ha di sekolah, dia mendapat teguran dari Sang Kepala Sekolah.

Apa yang terjadi pada Soo-ha dan Yung Hong-yeon, setelah berpisah? Dalam film tak diceritakan. Yang ada hanya akhir cerita yang membuat bertanya-tanya. Apakah mereka menikah?

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Rilis[sunting | sunting sumber]

The Harmonium in My Memory dirilis secara serentak di Kora Selatan pada 27 Maret 1999.[2] Jeon Do-yeon memenangi penghargaan sebagai Aktris terbaik dalam Blue Dragon Film Awards 1999, Director's Cut Awards 1999, dan Grand Bell Awards tahun 2000 atas penampilannya. Sedangkan film itu sendiri memenangi penghargaan melalui kategori Best Picture dalam Verona Love Screens Film Festival tahun 2000.

Teater musikal[sunting | sunting sumber]

Film ini diadaptasi ke dalam pertunjukan teater musikal dengan judul Organ in My Memory (juga dikenal dengan judul Organ in My Heart) pada tahun 2008, di mana cerita berpusat pada eksplorasi adegan-adegan romantik dan bahasa-bahasa romantis a la dasawarsa 1960-an di atas panggung, seperti halnya dalam film. Novel aslinya diterbitkan pada tahun 1980 dan film diproduksi pada 1990, dan sekaran ditampilkanlah teater musikal dalam suasana tahun 2000, memperlihatkan tetap menyalanya kekuatan karya, sebab dikemas dengan cerita yang murni.[3] Dalam Korea Musical Awards 2008, pertunjukan ini memenangi penghargaan Best Original Korean Musical, Best Direction (Cho Gwang-hwa), Best Composition, Best Scenario, Best Stage Design dan Best New Actor (Jo Jung-suk).[4][5][6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Elley, Derek (30 May 1999). "The Harmonium in My Memory". Variety. 
  2. ^ The Harmonium in My Memory (Naema-eum-ui punggeum) (1998). Korean Movie Database. Retrieved 5 January 2009.
  3. ^ Chung, Ah-young (8 July 2008). "'90s Film Reborn as Musical Rendition". The Korea Times. 
  4. ^ "The Organ In My Heart wins musical awards". The Korea Herald. 21 October 2008. 
  5. ^ "The Harmonium in My Memory Wins 6 Korea Musical Awards". The Chosun Ilbo. 21 October 2008. 
  6. ^ Park, Min-young (11 July 2011). "Musical fans get star-studded bonanza". The Korea Herald. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-08-22. Diakses tanggal 2017-02-04. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]