The Great Gatsby

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
The Great Gatsby
Great Gatsby
Pengarang F. Scott Fitzgerald
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Genre Novel
Penerbit Charles Scribner's Sons
Tanggal rilis 10 April 1925
Jenis media Cetak (Hardback dan Paperback)
Halaman 180 (edisi paperback 2004)
ISBN NA dan terbit ulang ISBN 0-7432-7356-7 (edisi paperback 2004)

The Great Gatsby adalah sebuah novel karangan F. Scott Fitzgerald, pengarang berkebangsaan Amerika. Pertama kali dipublikasikan pada tanggal 10 April 1925, cerita ini berlatar kota New York dan Long Island selama musim panas tahun 1922.

Novel ini menggambarkan masa yang Fitzgerald sendiri menjulukinya "Era Jazz". Menyusul ketegangan dan kekacauan dari Perang Dunia I, selama tahun 1920-an, masyarakat Amerika menikmati tingkat kemakmuran yang belum pernah terjadi sebelumnya seiring dengan membumbungnya perekonomian. Pada saat yang bersamaan, pelarangan untuk menjual dan mengonsumsi alkohol yang diamanatkan oleh "Delapan Belas Amandemen Amerika Serikat", membuat para jutawan menghindari para pembuat minuman alkohol dan mendorong peningkatan kejahatan yang terorganisasi. Walaupun Fitzgerald, seperti Nick Carraway di dalam novelnya, memuja kekayaan dan hal-hal glamour masa itu, dia sangat tidak nyaman dengan materialisme yang tak terkendali dan rendahnya moralitas yang terjadi.

The Great Gatsby tidak begitu popular pada awal pencetakannya, menjual hanya kurang dari 25.000 kopi selama 15 tahun sisa hidup Fitzgerald.

Walaupun kisah itu sudah diadaptasikan ke dalam pertunjukan teater dan film Hollywood setahun setelah publikasi, ceritanya terlupakan selama masa depresi dan Perang Dunia II. Setelah dipublikasi ulang pada tahun 1945 dan 1953, novelnya sangat laris, dan kadang-kadang dipandang sebagai novel sukses Amerika. Kisah dalam novel ini sekarang merupakan bacaan standar dalam pelajaran literatur Amerika pada sekolah menengah atas dan universitas di seluruh dunia.

Adaptasi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

The Great Gatsby sudah difilmkan sebanyak lima kali:

  1. The Great Gatsby (film 1926), tahun 1926 oleh Herbert BrenonFilm bisu dari adaptasi panggung, dibintangi Warner Baxter, Lois Wilson, dan William Powell. Menurut IMDb, tidak ada kopi film ini yang terselamatkan (hanya sebuah trailer beberapa menit saja yang diketahui masih ada);
  2. The Great Gatsby (film 1949), tahun 1949 oleh Elliott Nugent – Dibintangi Alan Ladd, Betty Field, dan Shelley Winters; jauh lebih mengikuti plot novel daripada versi 1974; karena alasan hak cipta, film ini tidak tersedia;
  3. The Great Gatsby (film 1974), tahun 1974 oleh Jack Clayton – Versi layar yang paling laris, dibintangi Robert Redford bersama Mia Farrow sebagai Daisy Buchanan dan Sam Waterston sebagai Nick Carraway, dengan script oleh Francis Ford Coppola;
  4. The Great Gatsby (film 2000), tahun 2000 oleh Robert Markowitz – Film televisi yang dibintangi Toby Stephens, Paul Rudd dan Mira Sorvino.
  5. The Great Gatsby, tahun 2013 oleh Baz Luhrmann – Dibintangi Leonardo DiCaprio, Carey Mulligan, Tobey Maguire, dan Amitabh Bachhan. Dirilis tanggal 10 Mei 2013.

Pengarang Amerika yang terkenal, Truman Capote pada awalnya diangkat menjadi screenwriter untuk film adaptasi tahun 1974. Pada screenplay-nya, Nick Carraway and Jordan Baker digambarkan sebagai homoseksual. Setelah Capote diberhentikan dari proyek, Coppola menulis ulang screenplay-nya.

Film G yang dibuat pada tahun 2000 (dirilis pada tahun 2005) oleh Christopher Scott Cherot meng-klaim bahwa filmnya diinspirasi oleh The Great Gatsby.

Opera[sunting | sunting sumber]

Sebuah bentuk opera dari novel ini dipersiapkan oleh New York Metropolitan Opera untuk memperingati ulang tahun ke-25 debut James Levine. Opera ini pertama kali dipertunjukkan pada 20 Desember 1999. Musik dan libetto (kata-kata dalam nyanyian) dibuat oleh John Harbison dengan lirik lagu popular dari Murray Horwitz.

Pertunjukan[sunting | sunting sumber]

The Great Gatsby, sebuah adaptasi panggung oleh Owen Davis, pertama kali dipertunjukkan di Ambassador Theatre di Kota New York pada 2 Februari 1926 dalam sebuah produksi yang disutradarai oleh George Cukor dengan James Rennie dan Florence Eldridge.

The Great Gatsby, dalam adaptasi baru oleh Simon Levy, dipertunjukkan dalam acara pembukaan teater baru, Guthrie Theater di Minneapolis, Minnesota pada bulan Juli 2006.

Buku[sunting | sunting sumber]

Bodega Dreams oleh Ernesto Quiinonez mengadaptasi The Great Gatsby ke Harlem Spanyol.

Trivia[sunting | sunting sumber]

  • Salinan Gatsby pada Hopalong Cassidy mengandung catatan tertanggal 1906, yang tidak masuk akal karena pertama kali diterbitkan pada tahun 1910.
  • The Great Gatsby kadang-kadang dibaca dengan suara keras oleh Andy Kaufman dengan aksen British yang salah sebagai jenis anti-humor.
  • Band Rock yang berasal dari Seattle, Gatsbys American Dream mengambil nama mereka dari buku tersebut.
  • Bill Gates mempunyai tulisan dari halaman terakhir novel itu di perpustakaannya. Kalimat itu berbunyi: "He had come a long way to this blue lawn, and his dream must have seemed so close that he could hardly fail to grasp it." [1]
  • Band Pop Jerman, Wolfsheim mengambil nama mereka dari salah satu karakter di dalam novel.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Sumber

Film

Lain-lain