The Flintstones (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
The Flintstones
Flintstones ver2.jpg
Poster teater untuk The Flintstones, yang dirancang oleh Drew Struzan
Sutradara Brian Levant
Produser Bruce Cohen
Penulis Tom S. Parker
Jim Jennewein
Steven E. de Souza
Berdasarkan The Flintstones 
karya Hanna-Barbera Productions
Pemeran John Goodman
Rick Moranis
Elizabeth Perkins
Rosie O'Donnell
Kyle MacLachlan
Halle Berry
Elizabeth Taylor
Musik David Newman
Sinematografi Dean Cundey
Penyunting Kent Beyda
Studio Amblin Entertainment
Hanna-Barbera Productions
Distributor Universal Pictures
Tanggal rilis
Durasi 91 minutes
Negara United States
Bahasa English
Anggaran $46 juta
Pendapatan kotor $341,631,208


The Flintstones adalah sebuah film komedi Amerika Serikat tahun 1994 yang disutradarai oleh Brian Levant dan ditulis oleh Tom S. Parker , Jim Jennewein dan Steven E. de Souza. Sebuah adaptasi live-action dari serial televisi kartun The Flintstones karya Hanna-Barbera Productions, bintang film John Goodman sebagai Fred Flintstone, Rick Moranis sebagai Barney Rubble, Elizabeth Perkins sebagai Wilma Flintstone, dan Rosie O'Donnell sebagai Betty Puing, bersama dengan Kyle MacLachlan sebagai eksekutif wakil presiden perusahaan Fred, Halle Berry sebagai sekretaris penggoda dan Elizabeth Taylor, dalam film teater terakhirnya, sebagai ibu Wilma. The B-52 yang melakukan versi yang berbeda dari lagu tema. The Flintstones dirilis di California pada anggaran diperkirakan $ 46.000.000. Film ini dirilis pada tanggal 27 Mei 1994 dan sukses menjadi box-office, meskipun menerima ulasan umumnya negatif dari kritikus film. Para pengamat mengkritik storyline dan nada, yang mereka dianggap terlalu dewasa untuk pemirsa keluarga, tetapi dipuji dengan pengaturan dan art direction.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

FILM ini dibuka dengan montase adegan yang mencerminkan kerja di Slate & Co, dengan dinosaurus yang menggunakan batu untuk tambang.

CLIFF Vandercave (Kyle MacLachlan) , wakil presiden eksekutif pengadaan industri perusahaan, menjelaskan kepada rekan kerja Sharon Stone (Halle Berry) bahwa ia akan menipu perusahaan dan melarikan diri dengan kekayaannya, dan menyarankan Fred Flintstone (John Goodman) untuk membantu melaksanakan rencananya, yang mengarah ke montase membuka kredit dari The Flintstones.

SEMENTARA Fred meninggalkan pekerjaan untuk hari itu, Barney Rubble (Rick Moranis) sangat gembira bahwa ia akan menjadi seorang ayah karena Fred meminjamkan uang kepadanya sehingga ia bisa mengadopsi anak. Setelah pulang ke rumah, Fred dipertanyakan oleh isterinya, Wilma (Elizabeth Perkins) tentang uang yang dari rekening bank dan mengaku bahwa ia meminjamkan uang untuk Barney sehingga ia dan isterinya, Betty (Rosie O'Donnell), bisa mengadopsi anak. Setelah mengadopsi seorang anak bernama Bamm-Bamm, Barney menghargai apa yang Fred lakukan untuk dia dan bertekad untuk membayar kembali. Sementara mengambil ujian, Fred gagal, dan tidak puas dan marah karena ia tidak akan mampu memberikan Wilma kekayaan. Untuk membayar hutang kepada Fred untuk mengadopsi Bamm-Bamm, Barney (yang tidak baik pada ujian) menukar ujiannya dengan Fred dan Fred dipromosikan menjadi Wakil Presiden.

PADA hari pertama Fred sebagai seorang eksekutif, Cliff membawa dia ke kantor barunya. Cliff dan Stone ditunjuk sebagai sekretarisnya mengetahui bahwa daya tarik Fred padanya akan menuntunnya terjebak ke rencana mereka. Cliff mengatakan pada Fred bahwa Barney harus dipecat karena nilai ujiannya, Fred mencoba menolak untuk memecat Barney, tapi Cliff memperingatkan dia jika dia tidak memecat Barney, tidak hanya akan Cliff memecatnya, tapi Fred akan dipecat juga, Fred mengatakan Barney tentangnya skor ujian dan janji-janji bahwa ia akan membantu dia dengan uang. Cliff mengusulkan mesin baru yang akan melakukan semua pekerjaan tambang dan meningkatkan pendapatan perusahaan. Fred prihatin dengan operator kehilangan pekerjaan mereka. Cliff berencana untuk memiliki versi palsu dari mesin yang dibangun kemudian melarikan diri dengan uang yang diperoleh dari mesin, dan bingkai Fred untuk itu.

FRED terjebak dalam rencana Cliff, Stone menjadi agresif untuk menggoda dia dan Fred akhirnya menyerah pada keinginannya, tapi terganggu oleh Wilma. The Rubbles pindah ke rumah Flintstones, menyebabkan ketegangan antara Flintstones dan Rubbles, sedangkan kekayaan Flintstones meningkat. Sementara keluar di sebuah restoran, Barney, sekarang bekerja sebagai busboy, melihat di berita bahwa Fred telah memecat semua operator tambang. Dia menghadapkan kepadanya tentang hal itu, dan argumen mereka mengarah ke Barney mengungkapkan bahwa ia menukar tes mereka. The Rubbles pindah dari rumah dan Wilma meninggalkan Fred.

FRED akhirnya menemukan rencana Cliff dan kemudian melarikan diri dan berjalan di sekitar Bedrock sambil menyamar, dan penyamaran terkena oleh massa yang marah dari para operator tambang yang menganggur, mereka mengejar Fred ke seluruh Bedrock sampai mereka menangkapnya dan berusaha untuk menggantungnya dan Barney (yang muncul di sebuah truk Sno Cone) setelah mereka tahu itu karena dia bahwa Fred dipromosikan ke pekerjaan. Fred dan Barney mendamaikan sementara Wilma, Betty dan dictabird tiba di lokasi, Fred dan The Dictabird menjelaskan apa yang terjadi. Kemudian massa memutuskan untuk melepaskan Fred dan Barney setelah mengetahui bahwa Cliff adalah orang yang benar-benar memecat mereka, Ketika Flintstones dan Rubbles kembali ke rumah, mereka menemukan bahwa Cliff telah masuk ke rumah The Flintstones dan menculik Pebbles dan Bamm-Bamm dan Cliff menuntut agar Dictabird dibawa kembali ke tambang di pagi hari dan memperingatkan Flintstones dan Rubbles tidak memanggil polisi.

KEESOKAN paginya Fred dan Barney tiba dan menyerahkan Dictabird ke Cliff dan kemudian mereka menemukan Pebbles dan Bamm-Bamm diikat dekat mesin Cliff, Fred mencoba untuk menghentikan mesin sementara Barney mencoba menyelamatkan anak-anak. Sementara Cliff mencoba untuk membunuh dictabird, tetapi tersingkir oleh Stone, yang telah menyadari akhirnya pengkhianatan Cliff.

SEMENTARA Barney menyelamatkan anak-anak, Fred menggunakan ketapel untuk menghancurkan mesin Cliff, menyebabkan Cliff terbunuh dalam campuran air dan batuan yang hancur. Mr Slate (Dann Florek) menyatakan kesukaannya pada patung Cliff. Slate menawarkan Fred menjadi presiden divisi baru di perusahaan, tapi Fred menyatakan turun dalam jabtannya dan kembali ke pekerjaan lamanya, Slate mempekerjakan kembali semua pekerja, dan menambahkan beberapa perbaikan lainnya ke tempat kerja di awalnya diinginkan sebagai seorang eksekutif.

FILM ini kemudian ditutup dengan montase akhir kredit dari serial aslinya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Jean Vander Pyl, pengisi suara Wilma, muncul dalam cameo sebagai Mrs. Feldspar di garis belakang Conga Dino. Kate Pierson, Fred Schneider, dan Keith Strickland dari cameo The B-52 sebagai The BC-52, yang tampil "The Bedrock Twist" dan "(Meet) The Flintstones" dalam film ini. Jay Leno muncul sebagai pembawa acara talk show. Kreator William Hanna dan Joseph Barbera juga muncul di mana Hanna menjadi eksekutif di ruang rapat dan Barbera menjadi seorang pria mengendarai Mersandes. Sam Raimi muncul sebagai kembaran Fred Flintsone. Michael Richards muncul sebagai seorang kertas. Chris Rock muncul sebagai rekan kerja di pertambangan.

Info Casting[sunting | sunting sumber]

MENURUT pre-rilis publikasi untuk The Flintstones, Sharon Stone ditunjuk untuk memainkan Miss Sharon Stone, tapi menolaknya karena ia sudah bermain dalam film The Spesialist. Nicole Kidman adalah pilihan kedua untuk peran ini, tapi Halle Berry memenangkan bagian setelah screen test. Steven Spielberg mengatakan bahwa Danny DeVito adalah pilihan pertama untuk Barney. DeVito akhirnya menolak peran karena ia merasa ia terlalu kasar untuk melakukan karakter dengan benar dan dilaporkan menyarankan Rick Moranis. Premiere Magazine mengatakan Elizabeth Montgomery sedang dipertimbangkan untuk peran Pearl Slaghoople.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]