The Big Boss

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
The Big Boss
TheBigBossposter.JPG
Sutradara Lo Wei
Produser Raymond Chow
Penulis Bruce Lee
Lo Wei
Pemeran Bruce Lee
Maria Yi
James Tien
Yin-Chieh Han
Tony Liu
Musik Wang Fu-ling
(versi bahasa Mandarin)
Peter Thomas
(versi bahasa Inggris)
Joseph Koo
(versi bahasa Kanton)
Distributor Golden Harvest
Tanggal rilis Bendera Hong Kong 31 Oktober 1971 (1971-10-31)
Durasi 110 menit
Negara Bendera Hong Kong Hong Kong
Bahasa Kanton, Mandarin
Pendapatan kotor HK$3.197.417


The Big Boss (Tradisional: 唐山大兄; pinyin: Táng Shān Dà Xiōng; Cantonese Yale: Tong4 Saan1 Daai6 Hing1), juga dikenal sebagai Fists Of Fury dalam judul Amerika Serikat, adalah sebuah film aksi-seni bela diri Hong Kong buatan tahun 1971. Disutradarai dan ditulis oleh Lo Wei dengan co-penulis Bruce Lee. The Big Boss adalah film utama pertama Bruce Lee. Awalnya, bintang film ini dimaksudkan untuk menjadi James Tien, namun performa kuat Lee terdegradasi Tien, maka bintang utama di Hong Kong, untuk penagihan kedua. Keberhasilannya dalam film ini membuat Bruce Lee bintang di Asia.

Plot[sunting | sunting sumber]

Cheng Chao-an adalah pria Tionghoa dari Guangdong yang telah pindah ke Thailand, dengan bantuan pamannya, untuk mencari pekerjaan bekerja dengan sepupunya di pabrik es. Ketika sebuah balok es yang sengaja rusak, sesuatu yang tampak seperti kantong bubuk putih keluar. Malam itu, dua sepupu yang menemukan heroin diminta untuk tinggal untuk melihat manajer. Mereka diberitahu bahwa ada pekerjaan lebih baik bagi mereka. Rupanya, pabrik adalah depan untuk sebuah cincin penyelundupan narkoba yang dipimpin oleh Bos Besar, Hsiao Mi. Sepupu yang ditawarkan posisi baik. Ketika mereka menolak, mereka cepat dieliminasi.

Hsiao Mi upaya untuk menutupi pembunuhan, tapi Cheng dan sepupunya masih hidup menjadi curiga. Dua lebih banyak sepupunya, Hsu Chien dan Ah Pei, pergi ke rumah Mi untuk menanyakan apakah dia tahu apa yang terjadi pada mereka. Ketika mereka menyadari bahwa dia bertindak mencurigakan dan mulai ke kantor polisi, Mi juga memiliki mereka terbunuh (tetapi tidak sebelum Hsu mengambil beberapa orang Mi turun dengan dia). Hsiao Mi kemudian terganggu Cheng dengan mempromosikan dia ke mandor dan memberinya dengan alkohol dan pelacur (mengubah beberapa sepupunya terhadap dia). Namun, dari kasih sayang, salah satu pelacur mengungkapkan kebenaran kepada Cheng, yang kemudian pecah ke dalam pabrik pada malam dan menemukan, mayat sepupunya. Cheng mengintai sekitar adalah segera ditemukan oleh sebuah geng yang dipimpin oleh putra Hsiao Mi, Hsiao Chiun.

Cheng mengalahkan geng dan membunuh banyak orang, termasuk Hsiao Chiun. Sayangnya dia kembali ke rumah hanya untuk menemukan bahwa seluruh keluarganya telah dibunuh. Cheng menuntut balas dendam dengan membunuh Hsiao Mi di pertandingan final, Cheng menusuk dia dengan pisau Hsiao. Cheng kemudian menyerah kepada polisi.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]