Tenevil

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Tenevil (bahasa Rusia: Теневиль) (skt. 1890-1943?) merupakan seorang penggembala rusa Chukchi, tinggal di tundra dekat pemukiman Ust-Belaya di provinsi Chukotka, Rusia. Sekitar tahun 1927 atau 1928 ia secara mandiri menciptakan sebuah sistem penulisan untuk bahasa Chukchi. Tidak pernah terbentuk dengan pasti apakah simbol dalam sistem penulisan ini adalah ideogram/piktogram atau apakah sistem berbasis logogram. Periset telah mencatat karakter abstrak simbol, yang mungkin merupakan bukti tidak langsung bahwa sistem penulisan ini sepenuhnya merupakan penemuan Tenevil.

Sistem penulisan Tenevil pertama kali dideskripsikan oleh etnografer Rusia dan penulis Waldemar Bogoras pada tahun 1930. Sistem penulisan tidak pernah diketahui secara luas: digunakan sepenuhnya dalam lingkungan keluarga Tenevil. Selain Tenevil sendiri, sistem penulisannya digunakan oleh putranya, yang dengannya dia bertukar pesan saat bergeser pergi ke padang rumput rusa. Tenevil menulis simbol-simbolnya di papan, tulang, taring walrus, dan bungkus permen.

Sistem penulisan ini adalah fenomena yang unik, dan memiliki arti lebih luas terhadap penelitian tentang asal mula tradisi menulis dalam budaya dalam tahap pengembangan pra-negara. Sistem penulisan Chukchi Tenevil adalah sistem yang paling utara dari semua sistem yang akan dikembangkan oleh masyarakat adat dengan pengaruh luar yang minimal.

Sumber dan prototipe sistem penulisan Tenevil tidak diketahui. Dengan mempertimbangkan isolasi Chukotka dari pusat peradaban daerah, ini bisa dianggap sebagai inisiatif kreatif terlokalisasi dari seorang jenius tunggal. Mungkin saja sistem penulisannya dipengaruhi oleh dekorasi drum dukun. Kata tulisan (kelikel) dalam bahasa Chukchi memiliki kesejajaran Tungusik.

Pada tahun 1945 seniman dan sejarahwan seni I. Lavrov mengunjungi hulu Sungai Anadyr di mana Tenevil tinggal. Di sana ia menemukan "arsip Tenevil": sebuah kotak, terkubur di salju, berisi peninggalan tulisan Tenevil. Tenevil juga mengembangkan simbol untuk angka, menggunakan basis sistem penghitungan 20 bahasa Chukchi. Sekitar 1000 elemen dasar sistem penulisan Tenevil telah diidentifikasi.

Penulis Chukchi Yuri Rytkheu mendedikasikan novelnya tahun 1969 A Dream in Polar Fog untuk Tenevil.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • The original version of this page was translated from the