Teluk Thailand

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Map showing the location

Teluk Thailand adalah sebuah teluk yang terletak di Laut China Selatan (Samudra Pasifik), dikelilingi oleh negara Malaysia, Thailand, Kamboja dan Vietnam. Bagian utara teluk ini adalah Bight of Bangkok di mulut Sungai Chao Phraya, dekat Bangkok. Teluk ini mencakup wilaya 320.000 km². Batasan dari teluk ini dijelaskan oleh garis dari Tanjung Bai Bung di selatan Vietnam (di selatan sungai Mekong) ke Kota Baru di pantai Malaysia.

Teluk Thailand relatif dangkal, kedalaman rata-rata adalah 45 m, dan kedalaman maksimum hanya 80 m. Ini membuat pertukaran air lambat, dan aliran air dari sungai-sungai membuat teluk ini bersalinitas rendah (3,05-3,25%) dan juga kaya dengan sedimen. Hanya di perairan dalam dengan salinitas yang lebih tinggi (3,4%) masuk ke Teluk tersebut dari Laut China Selatan dan mengisi depresi pusat di bawah kedalaman 50m. Sungai utama yang mengalir ke teluk ini adalah Chao Phraya (termasuk anak sungainya Ta Chin) dan Maeklong di Bight of Bangkok, dan Sungai Tapi ke Teluk Bandon di barat daya teluk.

Pada zaman es terakhir Teluk Thailand tidak ada sama sekali disebabkan oleh permukaan laut yang rendah.

Dikarenakan kehangatan tropis air Teluk Thailand merupakan tempat dari banyak karang koral, dan beberapa resort penyelaman. Tempat paling populer bagi turis adalah pulau Ko Samui di provinsi Surat Thani, sedangkan Ko Tao adalah pusat turisme penyelaman.

Teluk ini juga mengandung sumber daya minyak dan lebih banyak lagi gas alam.