Televisi 3D

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Televisi 3D adalah satu perangkat televisi yang mempekerjakan teknik presentasi 3D, seperti pengamatan stereoskopis, tangkapan multi-view atau sistem ''2D plus-Depth'' , dan layar 3D - perangkat penglihatan khusus untuk memproyeksikan program televisi menjadi bentuk tiga dimensi yang terlihat seperti nyata.

Sejarah dan Perkembangan[sunting | sunting sumber]

Di-akhir tahun 1890-an, pelopor film Inggris yang bernama William Friese-Greene mengajukan hak paten untuk proses film 3D. Bila dilihat secara stereoskopis, itu menunjukkan bahwa dua gambar digabungkan oleh otak untuk menghasilkan persepsi kedalaman 3D. Pada tanggal 10 Juni 1915, Edwin S. Porter dan William E. Waddell melakukan tes kepada penonton di Teater Astor di New York City. Dalam red-green anaglyph, penonton disajikan tiga gulungan tes, termasuk adegan pedesaan, uji tembakan Marie Doro, pada segmen John Mason memainkan beberapa bagian dari Jim The Penma (sebuah film yang dirilis oleh Famous Players-Lasky pada tahun itu, tetapi tidak dalam 3D), penari Oriental, dan pemutaran cuplikan dari Niagara Falls. Namun, menurut Adolph Zukor pada otobiografinya (tahun 1953) “The Public Is Never Wrong: My 50 Years in the Motion Picture Industry”, tidak ada yang dihasilkan dalam proses ini setelah tes.

Stereoskop ini ditingkatkan oleh Louis Jules Duboscq, dan gambar yang terkenal dari Queen Victoria dipajang di The Great Exhibition pada tahun 1851. Pada tahun 1855, kinematoscope diciptakan, yaitu kamera animasi stereo. Film anaglyph pertama (penggunaan kacamata merah-biru, diciptakan oleh LD DuHaron) diproduksi pada tahun 1915 dan pada tahun 1922 film 3D umum pertama telah ditampilkan. Televisi 3D berbasis stereoskopis dipertunjukkan pertama kalinya pada tanggal 10 Agustus 1928, oleh John Logie Baird di perusahaannya di 133 Long Acre, London. Baird memelopori berbagai sistem televisi 3D menggunakan elektro-mekanis dan teknik tabung sinar katode. Pada tahun 1935 film warna 3D pertama diproduksi. Pada Perang Dunia Kedua, stereoskopis 3D masih kamera untuk penggunaan pribadi sudah cukup umum. Pada tahun 1950, ketika TV menjadi populer di Amerika Serikat, film 3D banyak diproduksi. Film pertama tersebut adalah Bwana Iblis dari United Artists yang bisa dilihat di seluruh AS pada tahun 1952. Satu tahun kemudian, pada tahun 1953, datang film House of Wax 3D yang juga menampilkan suara stereoponis. Alfred Hitchcock memproduksi film Dial M for Murder dalam 3D. Tetapi untuk tujuan memaksimalkan keuntungan, film ini dirilis pada 2D karena tidak semua bioskop mampu menampilkan film-film 3D. Uni Soviet juga mengembangkan film 3D yakni Robinzon Kruzo yang menjadi film 3D full-length pertama pada tahun 1946. Selanjutnya, stasiun televisi mulai menayangkan serial 3D pada tahun 2009 berdasarkan pada teknologi yang sama seperti film 3D. Pada tahun 2010, video game 3D mulai memanfaatkan TV sebagai cara baru untuk bermain game.

Teknologi Penampil[sunting | sunting sumber]

Ada beberapa teknik untuk menghasilkan dan menampilkan gambar bergerak 3D. Syarat utamanya adalah untuk menampilkan transferan gambar yang disaring secara terpisah dengan mata kiri dan kanan. Dua strategi telah digunakan untuk mengatasi hal ini, yakni dengan memakai kacamata untuk menyaring transferan gambar yang terpisah untuk setiap mata atau dengan memiliki lightsource yang membagi gambar langsung terarah ke mata pemirsa (tanpa memerlukan kacamata). Umumnya teknologi layar 3D untuk memproyeksikan pasangan gambar stereoskopis ke penonton meliputi:

* Dengan lensa:
  • Anaglyphic 3D (dengan lensa red-cyan pasif)
  • Polarisasi 3D (dengan lensa terpolarisasi pasif)
  • Alternate-frame sequencing (dengan lensa rana aktif)
  • Head-mount display (dengan tampilan yang terpisah diposisikan di depan setiap mata, dan lensa digunakan terutama untuk melonggarkan fokus mata)
 * Tanpa lensa: menampilkan Autostereoskopis, kadang-kadang disebut sebagai Auto 3D.

Berbagai teknik layar lain telah dijelaskan, seperti holografi, tampilan volumetrik dan efek Pulfrich, yang digunakan oleh Doctor Who untuk Dimensi in Time pada tahun 1993, oleh 3rd Rock From The Sun pada tahun 1997, dan Shark Week di Discovery Channel pada tahun 2000. "Real-Time" 3D TV (Youtube video) pada dasarnya merupakan suatu bentuk layar autostereoskopis. Stereoskopi adalah metode yang paling banyak diterima untuk menangkap dan memberikan video 3D. TangkapanMulti-view menggunakan banyak susunan kamera untuk menangkap adegan 3D melalui video independen beberapa aliran. Kamera plenoptic yang menangkap bidang cahaya dari sebuah pemandangan, juga dapat digunakan untuk menangkap beberapa pandangan dengan lensa utama tunggal. Tergantung pada pengaturan kamera, pandangan yang dihasilkan bisa ditampilkan pada layar multi-view. Setelah tertangkap, stereo atau data gambar multi-view dapat diproses untuk mengekstrak informasi ''2D plus-Depth'' untuk setiap penglihatan, efektif menciptakan representasi perangkat-independen dari adegan 3D asli. Data ini dapat digunakan untuk membantu kompresi gambar atau untuk menghasilkan pasangan stereoskopik untuk beberapa sudut pandangan yang berbeda dan ukuran layar.

Perangkat TV 3D[sunting | sunting sumber]

Perangkat TV ini dikategorikan high-end dan umumnya termasuk Ethernet, USB dan perekam player, Bluetooth dan USB Wi-Fi. Perangkat 3D-ready TV adalah mereka yang dapat beroperasi dalam mode 3D (selain ke mode 2D biasa), bersama dengan set-top-box dan kacamata LCD shutter, dimana TV yang memberitahu kacamata bahwa mata harus melihat gambar yang dipamerkan pada saat ini, menciptakan citra stereoskopik. Perangkat TV ini biasanya mendukung HDMI 1.4 dan (jika televisi LCD) minimum (input dan output) refresh rate 120 Hz; kacamata mungkin dijual terpisah. Generasi terbaru dari 3D TV adalah TV mampu menghasilkan gambar 3D di level yang berbeda, lebih terang dan lebih jernih daripada teknologi 3D pada umumnya. Melalui Film-type Patterned Retarded (FPR) panel, TV 3D bisa menghasilkan gambar dengan kualitas bebas blur (blur-free) sekaligus bebas kedipan (flicker-free). Sehingga menonton 3D menjadi lebih nyaman tanpa mengakibatkan rasa pusing dan lelah pada mata. Perangkat pendukung untuk menonton adalah Kacamata FPR 3D yang tidak memerlukan daya, dan pengguna tidak akan dibatasi oleh waktu charging.

Contoh Produk TV 3D[sunting | sunting sumber]

Standar DVB TV 3D[sunting | sunting sumber]

Digital Video Broadcasting disingkat DVB merupakan konsorsium dengan anggota lebih dari 270 yang terdiri dari stasiun televisi, pabrikan, operator telekomunikasi, pengembang perangkat lunak, badan penyiaran, dari sekitar 35 negara yang berkomitmen untuk menyusun standar penyiaran televisi digital. Kini standar penyiaran televisi digital DVB diadopsi oleh negara-negara Eropa (Inggris, Jerman, Italia, Perancis, Spanyol dan Swedia), Cina, Singapura, Taiwan dan Austraila. DVB telah membentuk spesifikasi 3D-TV DVB. Berikut konfigurasi konsumen akan tersedia untuk umum:

    * 3D-TV yang dihubungkan ke 3D Blu-ray Player untuk media paket.
    * 3D-TV yang dihubungkan ke HD Games Console, misalnya PS3 untuk game 3D.
    * 3D-TV yang dihubungkan ke HD STB untuk siaran-TV 3D.
    * 3D-TV menerima siaran 3D-TV langsung melalui built-in tuner dan decoder.

Saluran TV 3D[sunting | sunting sumber]

Cablevision meluncurkan versi 3D saluran MSG pada tanggal 24 Maret 2010, tersedia hanya untuk pelanggan Cablevision pada saluran 1300. Channel ini didedikasikan terutama untuk siaran olahraga, termasuk siaran 3D MSG dari permainan New York Rangers-New York Islanders, cakupan yang terbatas dari 2010 Masters Tournament, dan (bekerjasama dengan YES Network) pertandingan antara New York Yankees dan Seattle Mariners.

Siaran program pertama [[Australia di 3D high-definition adalah Fox Sports cakupan dari permainan sepak bola Australia-Selandia Baru pada tanggal 24 Mei 2010.

Juga di Australia, Nine Network dan Special Broadcasting Service membawa State of Origin (pertandingan pada 26 Mei, 16 Juni dan 7 Juli 2010) dan Piala Dunia FIFA (SBS) dalam 3D di Channel 40 masing-masing.

Referensi[sunting | sunting sumber]