Televi-Kun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Televi-Kun
KategoriAnak-anak[1][2]
FrekuensiBulanan
Sirkulasi146,667[1]
(July–September, 2016)
PenerbitShogakukan
Terbitan pertamaMei 1976
Negara Jepang
Berpusat diTokyo
BahasaBahasa Jepang
Situs webhttp://televi-kun.net
"Televi-Kun" dijajarkan pada tempat penjualan (baris ketiga dari atas (baris ketiga dari bawah). Diambil pada tahun 2004)

Televi-Kun (てれびくん, Terebi-kun) adalah sebuah majalah yang diterbitkan oleh Shogakukan.[3] Sama seperti Terebi Magazine oleh Kodansha, pembaca utama majalah ini adalah anak laki-laki yang masih prasekolah.

Gambaran[sunting | sunting sumber]

Majalah ini diterbitkan pertama kali pada bulan Mei 1976 dalam bentuk mengikuti alur "Shogakukan Book". Pada saat diterbitkan, Susumu Abe yang merupakan kritikus pendidikan sedang melakukan pengawasan. Majalah ini terdiri dari artikel khusus tokusatsu, anime, hobi (mainan, dan sebagainya), manga, dan lampiran yang dapat dirakit. Pada awal penerbitan, majalah ini merupakan rangkaian karya-karya yang sebagian besar merupakan karya-karya yang diterbitkan pada "Weekly Shonen Sunday" dan majalah pembelajaran Shogakukan serta karya-karya yang tidak mendapatkan hak publikasi oleh Kodansha. Awalnya, ada juga "TV Land" oleh Tokuma Shoten dan "Bouken Ou" oleh Akita Shoten, yang bersaing sebagai saingan. Selain itu, pada promosi "Televi-kun" tepat setelah edisi pertama, majalah bernama "CoroCoro Comic" yang diterbitkan oleh penerbit yang sama dinyatakan sebagai pesaing. Pada tahun 2017, majalah yang berisi informasi televisi untuk anak-anak adalah "Terebi Magazine" dan majalah ini.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Children's Manga" (dalam bahasa Japanese). Japanese Magazine Publishers Association. September 2016. Diakses tanggal 6 November 2016. 
  2. ^ Paul Chapman (26 January 2016). "Hiroshi Fujioka Reprises Role in Upcoming "Kamen Rider #1" Film". Crunchyroll. Diakses tanggal 25 July 2016. 
  3. ^ "てれびくん" (dalam bahasa Jepang). Kotobank. Diakses tanggal 31 May 2018.