Telematika

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Telematika (Inggris: telematics, serapan bahasa PrancisTélématique”) adalah bidang interdisipliner yang menggabungkan sistem jaringan komunikasi, teknologi transportasi, dan teknologi informasi.[1]

Istilah telematika sering dipakai untuk beberapa macam bidang, contohnya:

  • Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.
  • Secara umum, istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology).
  • Secara lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics).[2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Istilah telematika digunakan di Indonesia pertama kali saat perubahan nama salah satu laboratorium telekomunikasi di ITB pada tahun 1978. Ketika itu, nama Telematika tidak sepopuler seperti sekarang. Cikal bakal Laboratorium Telematika berawal pada tahun 1960-an. Sempat berganti-ganti nama mulai dari Laboratorium Switching lalu Laboratorium Telekomunikasi Listrik. Seiring perjalanan waktu dan tajamnya visi para pendiri, pada tahun 1978 dilakukan lagi perubahan nama menjadi Laboratorium Telematika.

Para praktisi mengatakan bahwa kata "Telematics" merupakan perpaduan dari kata “telecommunication" dan kata "informatics", yang merupakan perpaduan konsep "Computing" dan "Communication". Istilah telematika juga dikenal sebagai “the new hybrid technology” karena lahir dari perkembangan teknologi digital. Dalam Wikipedia disebutkan bahwa Telematics juga sering disebut dengan ICT (Information and Communications Technology).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "What is Telematics?". Webopedia (dalam bahasa Inggris). 1997-06-27. Diakses tanggal 2021-03-26. 
  2. ^ "Telematics Puts Managers In the Driver's Seat". Construction Equipment (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-03-26. 

Catatan[sunting | sunting sumber]

  • Salah satu milis internet Indonesia terbesar adalah milis Telematika. Dari milis inipun tidak ada penjelasan mengapa milis ini bernama telematika, yang jelas arsip pertama kali tercatat dikirimkan pada tanggal 15 Juli 1999. Dari hasil pencarian di arsip mailing list Telematika saya menemukan salah satu ulir diskusi menarik (membutuhkan login) tentang penamaan Telematika yang dikirimkan oleh Paulus Bambang Wirawan.