Teh sarapan Inggris

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Teh sarapan Inggris (Inggris: english breakfast tea) adalah campuran teh hitam. Biasanya teh ini digambarkan memiliki rasa yang kuat dan kaya. Teh ini cocok diminum dengan gula dan susu. Ciri khas ini juga cocok dengan ciri khas makanan pagi Inggris.

Campuran teh ini mengandung teh Assam, teh hitam Ceylon dan teh Keemun. Merek English Breakfast Tea yang terkenal adalah Twinings, Yorkshire Tea (Taylor`s of Harrogate, PG Tips, Stash Tea Company, Lipton, Celestial Seasonings dan Dilmah.

Banyak cerita tentang asal usul teh ini[1][2], salah satunya adalah tentang seseorang bernama Drysdale di Edinburgh:

Sekitar seratus tahun yang lalu, seseorang bernama Drysdale pergi ke perusahaan teh di sekitar kastil Edinburgh. Ia menawarkan sejenis teh yang dinamakan `Breakfast`. Sampai tahun 1982 mereka tetap menjual teh yang dinamakan ´Breakfast` tanpa nama embel-embel lainnya. Kemungkinan karena orang Skotlandia hanya ingin teh yang bisa membuat orang segar setelah bangun tidur.[3][4]

Cerita lain tentang asal usul teh ini adalah dari[5] Journal of Commerce. Di sini ada artikel tentang teh yang berasal dari tahun 1843 dan pengusaha teh bernama Richard Davies di kota New York. Ia adalah seorang imigran Inggris di Amerika. Ia mencampur teh dengan dasar Congou, mencampur sedikit Pekoe dan Pouchong. Teh ini kemudian dijual dengan 50 sen per pon. Sukses teh campuran ini mengundang banyaknya imitasi yang menjadikan namanya terkenal.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]