Tartuffe (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Tartuffe adalah sebuah film drama Prancis yang disutradarai oleh Molière dan diterbitkan pada tahun 1664. Film ini dibangun dari karya drama Tartuffe oleh Molière yang ditulis pada tahun 1664. Tartuffe adalah seorang tokoh agama yang diceritakan sebagai seorang pembohong dan manipulator yang cerdik. Ia dijuluki sebagai "orang suci palsu" oleh para karakter dalam drama.

Film Tartuffe ini menceritakan kisah seorang pemimpin keluarga kaya dan terhormat yang tertipu oleh kepalsuan Tartuffe, seekor pendeta palsu yang pura-pura saleh. Tartuffe mengelabui keluarga dengan sifatnya yang sopan, berpenampilan saleh, dan hadir di serangkaian pertemuan keluarga agar mampu mencuri uang, kebijaksanaan, dan kepercayaan dari keluarga tersebut.

Tartuffe merupakan salah satu karya sastra terkenal dari Molière, dan ketenaran tersebut meluas dalam bentuk pengadaptasian menjadi film, televisi, dan teater sejak zaman modern hingga sekarang. Tartuffe juga dianggap sebagai salah satu karya sastra terpenting dalam bahasa Prancis, serta menjadi contoh terbaik dari genre drama komedi.