Taman pondok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Taman pondok (cottage garden) adalah taman yang memiliki gaya yang unik, menampilkan desain informal, bahan tradisional, tanaman rimbun, dan campuran tanaman hias dan tanaman yang dapat dimakan. Berasal dari bahasa Inggris, itu bergantung pada keanggunan dan kemewahan daripada struktur megah dan formal. Taman sederhana dan fungsional yang melekat pada pondok sudah ada sejak berabad-abad yang lalu, tetapi gaya mereka terjadi di Inggris pada tahun 1870-an, karena penanaman tahunan yang lebih terstruktur dan dipelihara dengan ketat memiliki desain formal dan rumah kaca yang ditanam secara ekstensif di taman tanggapan.

Kebun pondok paling awal lebih praktis daripada sekarang, dengan fokus pada sayuran dan rempah-rempah, pohon buah-buahan, dan mungkin sarang lebah, dan bahkan ternak. Bunga-bunga yang digunakan untuk mengisi ruang secara bertahap menjadi lebih dominan. Taman pondok tradisional biasanya tertutup, mungkin dengan gerbang berbentuk mawar. Bunga umum di kebun pondok awal termasuk bunga toko bunga tradisional seperti mawar dan violet, serta bunga rumah tangga seperti marigold dan berbagai tumbuhan. Lainnya adalah mawar tua harum yang mekar setahun sekali, dan mekar sederhana seperti bunga aster. Kemudian, bagian taman pondok juga ditambahkan ke beberapa kebun perkebunan yang lebih besar.

Kebun pondok modern mencakup variasi regional dan individu yang tak terhitung jumlahnya dan menggunakan bahan tanaman seperti rumput hias atau tanaman asli yang tidak ditemukan di kebun pondok pedesaan. Mawar tradisional, dengan aroma yang kuat dan dedaunan yang rimbun, terus menjadi andalan di kebun pondok—serta varietas tahan penyakit modern yang mempertahankan atribut tradisional. Pendaki informal, baik hibrida tradisional maupun modern, juga umum, karena tanaman tahunan yang menyemai sendiri dan tanaman keras yang menyebar bebas disukai di kebun rumah tradisional.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Asal mula[sunting | sunting sumber]

Kebun pondok yang muncul di era Elizabeth tampaknya berasal dari sumber herbal dan buah-buahan lokal. Satu teori adalah bahwa mereka muncul dari Maut Hitam (Black Death) tahun 1340-an, ketika kematian sejumlah besar buruh membuat lahan tersedia untuk pondok-pondok kecil dengan taman pribadi. Menurut legenda di akhir abad sembilan belas, taman ini awalnya dibangun oleh para pekerja yang tinggal di pondok pedesaan, menyediakan makanan dan rempah-rempah, dan menanam bunga untuk dekorasi. Helen Leach menganalisis asal-usul sejarah taman rumah pertanian yang diromantiskan, menempatkan gaya taman dalam analisis sejarah yang ketat di samping taman hias dan tanaman herbal. Dia menyimpulkan bahwa asal-usul mereka kurang di kebun pekerja abad ke-19 dan lebih banyak di tanaman keras sederhana yang ditemukan di kelas rekreasi, sebagian melalui tulisan-tulisan John Claudius Lowden.

Perkembangan[sunting | sunting sumber]

Kealamian menjadi desain informal yang mulai dijadikan dan dikembangkan oleh kelas kasual bahasa Inggris. Alexander Pope adalah pendukung awal taman yang kurang formal, menggambarkannya dalam esai tahun 1713 sebagai "kesederhanaan yang elegan dengan sifat bersahaja". Penulis abad delapan belas ini mendorong taman yang kurang formal dan lebih alami termasuk Joseph Addison dan Lord Shaftesbury. Evolusi taman pondok dapat dilacak dalam The Cottage Gardener (1848-1861), diedit oleh George William Johnson, di mana fokusnya langsung pada "bunga toko bunga", varietas anyelir dan pinnae yang mewah dan sangat kompetitif.