Taman Nasional Ratu Elizabeth

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Taman Nasional Ratu Elizabeth
Queen Elizabeth National Park
IUCN Kategori II (Taman Nasional)
2004-03-22 En route to QENP 12 - Crater Lake.JPG
Danau Kawah
Peta memperlihatkan letak Taman Nasional Ratu ElizabethQueen Elizabeth National Park
Peta memperlihatkan letak Taman Nasional Ratu ElizabethQueen Elizabeth National Park
Letak Taman Nasional Ratu Elizabeth
Letak  Uganda
Kota terdekat Kasese
Koordinat 00°12′LU 30°00′BT / 0,2°LS 30°BT / -0.200; 30.000Koordinat: 00°12′LU 30°00′BT / 0,2°LS 30°BT / -0.200; 30.000
Luas 1.978 kilometer persegi (764 mil²)
Didirikan 1954
Pihak pengelola Ugandan Wildlife Authority

Taman Nasional Ratu Elizabeth (Queen Elizabeth National Park atau biasa disingkat menjadi QENP) adalah taman nasional yang paling banyak dikunjungi di Uganda.

Letak[sunting | sunting sumber]

Taman Nasional Ratu Elizabeth terletak di kawasan barat Uganda, sepanjang Distrik Kasese, Distrik Kamwenfe, Distrik Bushenyi, dan Distrik Rukungiri. Lewat jalan darat, lokasi persisnya adalah sekitar 376 kilometer (234 mil) barat daya Kampala, ibukota sekaligus kota terbesar Uganda.[1] Kota Kasese terletak persis di luar ujung timur laut taman nasional ini, sedangkan Kota Bushenyi berlokasi di luar batas sebelah tenggara. Koordinat taman nasional ini adalah: 00 12S, 30 00E (lintang:-0.2000; bujur:30.0000).

Ikhtisar[sunting | sunting sumber]

Seekor singa di Sektor Ishasha.
Kudanil di Selat Kazinga, Taman Nasional Ratu Elizabeth.

Taman Nasional Ratu Elizabeth berdiri di atas lahan seluas 1.978 kilometer persegi (764 mil²),[2] yang mana sekitar 17% dari luas wilayah ini berada di Distrik Kasese, 50% di Distrik Bushenyi, dan sekitar 33% berada di Distrik Rukungiri. Wilayah taman nasional ini membentang dari Danau George di sebelah timur laut hingga Danau Edward di sebelah barat daya. Selat Kazinga menghubungkan kedua danau tersebut.

Taman nasional ini berdiri pada tahun 1954 dan dinamai menurut Ratu Elizabeth II. Ketika itu, Uganda masih menjadi sebuah protektorat Britania Raya. Selama beberapa saat, Taman Nasional Ratu Elizabeth sempat berganti nama menjadi Ruwenzori, sebelum akhirnya kembali ke nama semula. QENP terkenal atas kehidupan satwanya, walaupun sebagian hewan tewas dalam Perang Uganda-Tanzania. Taman nasional ini kini menjadi suaka bagi 95 spesies mamalia dan lebih dari 500 spesies burung. Taman ini juga terkenal karena fitur-fitur vulkanisnya, dengan kerucut-kerucut volkanik dan kawah-kawah.

Taman Nasional Ratu Elizabeth berbatasan dengan Suaka Kigezi, Suaka Kyambura, dan Taman Nasional Kibale di Uganda, serta Taman Nasional Virunga di Republik Demokratik Kongo. Hutan Maramagambo juga merupakan bagian dari taman nasional ini.

Referensi[sunting | sunting sumber]