Taman Monumen Perdamaian Hiroshima

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Plakat Peringatan di Taman Monumen Perdamaian Hiroshima

Taman Monumen Perdamaian Hiroshima (広島平和記念公園 Hiroshima heiwa kinen kōen?) (Hiroshima Peace Memorial Park) adalah taman yang terletak di pusat kota Hiroshima, Jepang yang di dalamnya terdapat berbagai monumen dan museum yang bertujuan untuk mengingatkan umat manusia akan pentingnya perdamaian.

Setiap tahun pada tanggal 6 Agustus pukul 08:15 diadakan upacara mengheningkan cipta yang menghadirkan kelompok musik tiup anak sekolah di Hiroshima dan paduan suara.

Monumen[sunting | sunting sumber]

Monumen Perdamaian Hiroshima[sunting | sunting sumber]

Monumen berupa sisa-sisa gedung Promosi Industri Prefektur Hiroshima yang selamat dari ledakan bom atom. Di antara monumen yang terdapat di dalam taman, monumen ini terlihat paling mencolok. Monumen ditetapkan sebagai Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1996.

Monumen Anak Korban Bom Atom[sunting | sunting sumber]

Monumen berupa anak perempuan yang sedang merentangkan kedua belah tangan dengan origami burung Jenjang di atasnya. Monumen ini dibuat untuk memperingati kisah nyata anak perempuan bernama Sasaki Sadako yang menderita sakit karena radiasi. Sadako percaya akan sembuh jika bisa membuat lipatan kertas 1.000 burung Jenjang.

Sampai saat ini, anak-anak dari seluruh dunia datang membawa lipatan kertas burung Jenjang ke Hiroshima untuk dipersembahkan di dekat monumen ini. Koleksi lipatan burung Jenjang yang dimiliki monumen ini terus bertambah setiap hari. Beribu-ribu lipatan kertas burung Jenjang diuntai dengan benang panjang atau disusun membentuk gambar burung Jenjang atau pesan perdamaian dunia. Setelah selesai dipamerkan, lipatan kertas burung Jenjang didaur ulang menjadi penunjuk halaman buku, buku catatan, dan cenderamata lainnya.

Monumen Orang Korea Korban Bom Atom[sunting | sunting sumber]

Sekitar 20.000 orang Korea tewas akibat bom atom di Hiroshima yang sebagian besar merupakan pekerja paksa. Monumen selesai dibangun tahun 1970, tapi baru dimasukkan ke dalam taman pada tahun 1999.

Plakat Peringatan[sunting | sunting sumber]

Plakat peringatan terdapat di tengah-tengah taman berbentuk bangunan lengkung. Dari lengkungan yang terbuka bisa terlihat Monumen Perdamaian Hiroshima dan Monumen Api Perdamaian.

Monumen Api Perdamaian[sunting | sunting sumber]

Api pada monumen ini terus menyala sampai planet bumi bebas dari ancaman penghancuran massal.

Genta Perdamaian[sunting | sunting sumber]

Pengunjung dapat membunyikan genta perdamaian berada di dekat Monumen Anak Korban Bom Atom.

Gerbang Perdamaian[sunting | sunting sumber]

Monumen terdiri dari 6 buah gerbang yang pada permukaannya bertuliskan kata "damai" dalam semua bahasa yang ada di dunia. Masing-masing gerbang tingginya 5 meter dengan lebar 2 meter.

Museum[sunting | sunting sumber]

Aula Peringatan Korban Bom Atom[sunting | sunting sumber]

Aula Peringatan Korban Bom Atom (Memorial Hall for the Atomic Bomb Victims) yang dibangun untuk mengenang korban bom atom.

Di dalam gedung yang juga berfungsi sebagai museum terdapat ruang seminar, perpustakaan, ruangan pameran dan ruangan informasi para korban. Di dalam aula bawah tanah yang disebut Hall of Remembrance bisa dilihat panorama 360 derajat kota Hiroshima pada tanggal 6 Agustus 1945. Panorama disusun dari 140.000 potongan keramik sesuai dengan jumlah korban yang tewas sampai akhir tahun 1945.

Monumen ini diresmikan pada tanggal 1 Agustus 2002.

Museum Peringatan Perdamaian Hiroshima[sunting | sunting sumber]

Museum berisi informasi dan pameran benda-benda peninggalan korban bom atom. Plakat Peringatan, Api Perdamaian dan Monumen Perdamaian Hiroshima bisa dilihat dari koridor yang menghubungkan gedung bagian kiri dan bagian kanan.

Desain[sunting | sunting sumber]

Monumen Perdamaian Hiroshima, Plakat Peringatan dan Museum Peringatan Perdamaian Hiroshima berada dalam garis lurus dengan museum yang melintang dari utara ke selatan. Susunan ini didesain oleh arsitek Jepang bernama Tange Kenzō. Di bagian selatan taman terdapat Jembatan Heiwa Ōhashi dan Jembatan Nishi Heiwa Ōhashi yang dirancang oleh pemahat Amerika bernama Isamu Noguchi.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]