Taksonomi Sibley-Ahlquist

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Sibley–Ahlquist taxonomy adalah taksonomi burung yang diusulkan oleh Charles Sibley dan Jon Edward Ahlquist. Taksonomi ini didasarkan pada studi hibridisasi DNA-DNA yang dilakukan pada akhir tahun 1970 dan sepanjang tahun 1980.[1]

Hibridisasi DNA-DNA adalah salah satu teknik komparatif dalam biologi molekuler yang menghasilkan data jarak (versus data karakter) dan yang dapat dianalisis untuk menghasilkan rekonstruksi filogeni hanya menggunakan algoritma pohon phenetic. Dalam hibridisasi DNA-DNA, kesamaan persen DNA antara dua spesies diperkirakan melalui penurunan ikatan hidrogen antara nukleotida dari DNA heteroduplex yang tidak sempurna (DNA beruntai ganda yang dihasilkan dari eksperimen untai tunggal dua spesies yang berbeda), dibandingkan dengan DNA homoduplex yang sempurna (kedua untai DNA dari spesies yang sama).

Penataan ulang yang revolusioner ini awalnya diterima secara luas oleh ornitolog Amerika Utara, dan Persatuan Ornithologists Amerika mengadopsi beberapa ketentuannya. Di bagian dunia lainnya, lebih berhati-hati dalam mengadopsinya: hal itu telah menjadi pengaruh yang besar pada skema klasifikasi yang saat ini ada, tapi pada akhirnya hampir semua otoritas mengadopsinya secara keseluruhan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sibley & Ahlquist (1990)