Tadahan ranjang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jenis jenis tadahan buang air

Tadahan ranjang adalah suatu alat yang digunakan sebagai wadah untuk menampung air seni dan/atau tinja seseorang yang terkurung di ranjang sehingga tidak dapat menggunakan jamban atau pispot .

Tadahan ranjang dapat digunakan kembali atau sekali pakai, dan mencakup beberapa jenis berbeda. Tadahan ranjang yang dapat digunakan kembali harus dikosongkan, dibersihkan, dan disterilkan setelah digunakan dan memungkinkan untuk buang air kecil atau besar saat duduk atau berbaring di tempat tidur, karena pispot ditempatkan di bawah bokong untuk digunakan. Tadahan ranjang sekali pakai terbuat dari bahan daur ulang dan/atau bahan yang dapat terbiodegradasi, dan dibuang setelah sekali pakai. Tadahan ranjang atau liner sekali pakai diletakkan di dalam tadahan ranjang yang dapat digunakan kembali, yang diperlukan untuk menopang berat badan pengguna saat digunakan.

Tadahan ranjang biasa terlihat mirip dengan gabungan dudukan jamban dan mangkuk jamban serta memiliki kapasitas paling besar. Tadahan ranjang selip lebih kecil dari tadahan ranjang ukuran standar dan memiliki satu ujung yang rata. Tadahan ranjang ini dirancang khusus untuk orang yang pernah mengalami patah tulang pinggul atau sedang dalam masa pemulihan setelah penggantian pinggul . Tadahan ranjang jenis ini dapat digunakan bagi mereka yang tidak dapat mengangkat pinggul cukup tinggi atau berguling ke pispot berukuran biasa. [1] Tadahan ranjang memiliki batasan berat yang berbeda-beda tergantung bahan dan model tadahan ranjang. Untuk orang yang melebihi batas berat badan tersebut, tadahan ranjang bariatrik dapat digunakan, yang memiliki tepi meruncing untuk daya tahan.

Tadahan ranjang berbeda dari pispot dalam ukuran dan fungsinya. Pispot berukuran lebih besar dan biasanya memiliki pegangan dan penutup. Tadahan ranjang berukuran lebih kecil, karena diletakkan di tempat tidur dan diposisikan di bawah orang untuk digunakan. Tadahan ranjang dapat memiliki penutup, namun sebagian besar tidak memiliki penutup, karena langsung dikosongkan atau dibuang setelah digunakan. Tadahan ranjang memiliki pegangan tunggal panjang yang dapat berfungsi ganda sebagai cerat, baik untuk masuknya urin atau untuk dikosongkan setelah digunakan. [2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tadahan ranjang gerabah berlapis kaca hijau dari abad ke-16 atau ke-17

Kata tadahan ranjang (bedpan) pertama kali terlihat dalam literatur John Higgins pada tahun 1572, [3] dan salah satu pispot tertua yang diketahui dipajang di Museum Sains London. Ini adalah tadahan ranjang gerabah berwarna hijau mengkilap yang berasal dari abad ke- 16 atau ke -17. Saat itu, tadahan ranjang dibuat dari bahan-bahan antara lain timah, kuningan, tembikar, kaca, dan porselen . [4] Tadahan ranjang bukanlah barang yang lumrah di rumah sakit hingga akhir tahun 1800-an. Florence Nightingale, yang bekerja sebagai perawat di Inggris dari pertengahan hingga akhir tahun 1800-an, membuat diagram angka kematian dan penyebab kematian tentara di rumah sakit militer selama Perang Krimea dan kemudian menghubungkannya dengan prosedur sanitasi yang sesuai. Oleh karena itu, Nightingale mengusulkan beberapa metode untuk memperbaiki kondisi sanitasi di rumah sakit militer dan sipil, termasuk penambahan tadahan ranjang untuk mengurangi paparan infeksi melalui urin atau feses. [5]

Paten untuk tadahan ranjang sekali pakai, 1976

Pada abad ke-20, tadahan ranjang terbuat dari keramik, enamel, atau baja tahan karat, dan setelah tahun 1960-an, bahan pispot diperluas hingga mencakup plastik dan bahan sekali pakai. [6] Paten tadahan ranjang awal US2243791A dibuat di Amerika Serikat pada tahun 1940-an. Saat ini, sebagian besar Tadahan ranjang terbuat dari baja tahan karat, plastik, atau bahan sekali pakai . Baja tahan karat tahan lama dan mudah dibersihkan, namun mungkin dingin, keras, dan/atau tidak nyaman digunakan. Sejak tahun 1960-an, tadahan ranjang sek

sekali pakai atadaha ranjang u pispot sekali pakai, yang terbbubur lunaa kri pulp kayu daur ulang ataudaur ulangegradable, menjadi lebih populer. [7] Paten pertama untuk tadahan ranjang pispot sekali pakai US3962732 dipatenkan di Amerika Serikat pada bulan Juni 1976 dan terutama mengandalkan produk bubur

lunak kayu sebagai bahan utamanya. [8]

Secara khusus, setelah pengenalan dan penerapan Memorandum Teknis Kesehatan di Inggris pada tahun 2007, yang sekarang berganti nama menjadi Memorandum Teknis Kesehatan 2030, peralatan rumah sakit harus disterilkan menggunakan autoklaf, yang juga dikenal sebagai alat sterilisasi uap atau maserator. [9] Hal ini memicu peralihan dari tadahan ranjang baja tahan karat ke tadahan ranjang berbahan bubur kayu di Inggris, terutama karena biaya keseluruhan penggunaan maserator lebih besar daripada biaya pembuangan bahan bubur kayu. Selain itu, di Uni Eropa, produk bubur kayu baru-baru ini telah direklasifikasi menjadi perangkat medis, mulai tahun 2021. [10] Artinya, produk tersebut harus memenuhi persyaratan dan peraturan tertentu untuk memastikan keamanan dan kemanjurannya untuk penggunaan medis. Dengan mengkategorikan produk bubur kayu sebagai perangkat medis, Uni Eropa menyadari pentingnya produk bubur kayu dalam layanan kesehatan karena peran pentingnya dalam menjaga kebersihan dan mencegah penyebaran infeksi. Pemanfaatan tadahan ranjang sekali pakai dapat mencegah penyebaran penyakit menular dengan menurunkan risiko kontaminasi selama penanganan dan pembuangan kotoran. [11]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bunker Rosdahl, Caroline; Kowalski, Mary T. (2008). Textbook of basic nursing (edisi ke-9th). Philadelphia: Lippincott Williams & Wilkins. hlm. 648. ISBN 978-0781765213. Diakses tanggal March 29, 2012. 
  2. ^ "Bed pan, England, 1501-1700 | Science Museum Group Collection". collection.sciencemuseumgroup.org.uk (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-07-26. 
  3. ^ "bedpan, n. meanings, etymology and more | Oxford English Dictionary". www.oed.com. Diakses tanggal 2023-07-26. 
  4. ^ Senior, Rob (2021-02-17). "The Bedpan and its Significance". American Nurse (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-07-26. 
  5. ^ "Florence Nightingale understood the power of visualizing science" (dalam bahasa Inggris). 2020-05-10. Diakses tanggal 2023-07-27. 
  6. ^ "Bedpans". www.aahn.org. Diakses tanggal 2023-07-26. 
  7. ^ Staff, Gold Years (2022-10-27). "Bed Pans: Why They're Useful and How to Pick Yours". Gold Years (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-07-27. 
  8. ^ United States Patent Office (1941). Official Gazette of the United States Patent Office (dalam bahasa Inggris). 526. U.S. Patent Office. hlm. 1075. 
  9. ^ Department of Health Estates & Facilities Division (2007). Health Technical Memorandum 01-01: Decontamination of reusable medical devices - Part A (Management and environment) (edisi ke-Revised). Stationery Office Books. ISBN 9780113227983. 
  10. ^ "Medical Device Coordination Group Document MDCG 2021-24" (PDF). Europa.Eu. 2021. 
  11. ^ Gibson GL (December 1973). "A disposable bedpan system using an improved disposal unit and self-supporting bedpans". Journal of Clinical Pathology. 26 (12): 925–928. doi:10.1136/jcp.26.12.925. PMC 477932alt=Dapat diakses gratis. PMID 4784500.