TV Pusat Kebudayaan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
TV Pusat Kebudayaan
中央电视台电视文化中心
Gedung TV Pusat Kebudayaan sebelum kebakaran pada 2009
Peta
Informasi umum
StatusBeroperasi
LokasiTiongkok Beijing
Mulai dibangun2004
Rampung2009
Pembukaan16 Mei 2012
PemilikKantor Pusat China Central Television (CCTV)
Tinggi
Atap159 m (522 ft)
Data teknis
Jumlah lantai34
Desain dan konstruksi
ArsitekRem Koolhaas dan Ole Scheeren

TV Pusat Kebudayaan (TVPK) (中央电视台电视文化中心, makna harfiah "CCTV Pusat Kebudayaan") adalah gedung pencakar langit 34 lantai berlokasi di Jalan lingkar ke-3 Timur, Jalan Guanghua, CBD Beijing. Rencananya gedung yang berisi sebuah hotel bintang lima, teater dan beberapa studio ini akan dibuka pada pertengahan Mei 2009, tetapi akhirnya baru bisa dibuka pada 16 Mei 2012.[1]

Perencanaan[sunting | sunting sumber]

Office for Metropolitan Architecture berhasil memenangkan kontrak dari Beijing International Tendering Co. untuk membangun Kantor Pusat China Central Television (CCTV) dan TV Pusat Kebudayaan yang dibangun di sebelahnya pada 20 Desember 2002. Gedung ini direncanakan untuk menampung pengunjung, tamu dan akan dapat diakses secara bebas oleh umum. Di lantai dasar, terdapat lobi yang menyediakan akses tanpa henti ke teater berkapasitas 1.500 kursi, rungan multifungsi, bioskop digital, studio rekaman dan fasilitas pameran.

TVPK menggandeng dUCKS scéno untuk merancang skenografi, konsultasi teater dan DHV untuk studi akustik. TVPK menjadi tuan rumah pusat siaran internasional selama perhelatan Olimpiade Musim Panas 2008 dan memiliki hotel bintang lima, para tamu hotel masuk dari tempat khusus di timur gedung kemudian naik ke lantai lima untuk proses check-in. Kamar-kamar hotel berada di kedua sisi menara sehingga membentuk atrium spektakuler di atas lanskap fasilitas publik.

Kebakaran 2009[sunting | sunting sumber]

Gedung TV Pusat Kebudayaan terbakar.

Pada tanggal 2 Februari 2009 gedung TVPK terbakar karena percikan api dari perayaan pesta kembang api yang diselenggarakan oleh CCTV dalam rangka perayaan Festival Lentera. Api merusak bangunan yang sudah hampir selesai itu sehingga pembukaannya tertunda hingga 2012.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Television Cultural Center - TVCC Beijing, OMA - e-architect". e-architect.co.uk. Diakses tanggal 2016-11-04.