RTTL

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari TVTL)
Langsung ke: navigasi, cari
Radio-Televisão Timor Leste
Radio-Televisão-Timor-Leste-Building-Dili-2009.JPG
Kantor TVTL di Dili
Diluncurkan 1 Juni 2002
Slogan Kebanggaan bersama milik bangsa (Portugis: Orgulho Junto Próprio Nacional)
Negara  Timor Leste
Wilayah siaran Satelit
Kantor pusat Dili, Timor Leste
Saluran saudara RTP Internacional, Rede Globo, Australia Network, BBC World News, RCTI
Situs web rttl.tl

TVTL (Televisi Timor-Leste, bahasa Portugis: Televisão de Timor-Leste, bahasa Tetun: Televizaun Timor-Leste) adalah salah satu stasiun televisi pemerintahan di Timor-Leste yang mengudara secara terestrial dari Dili.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

TVTL mengudara pertama kali pada 1 Januari 2002 sebelumnya bernama TVRI Timor Timur, bekas stasiun televisi waktu masih bagian dari Indonesia, setelah Timor Timur melepaskan dari Indonesia adalah TVRI Timor Timur mengganti nama menjadi TVTL yang menyiarkan memakai bahasa Tetum pada tanggal 1 Januari 2002, TVTL diresmikan dan mengudara di seluruh bagian Timor Leste dan Indonesia (di Nusa Tenggara Timur). TVTL melepas dekoder pada tanggal 1 Januari 2002. Pada 2002, TVTL menyiarkan pada jam 07.00 hingga 10.00 (pagi), jam 17.00 hingga 21.00 (siang-malam). Kini TVTL menjadi stasiun televisi pemerintah di Timor Leste.

Transmisi[sunting | sunting sumber]

Mentransmisikan pemrograman bahasa Tetum dan Portugis dari pukul 17.00 hingga pukul 22.00 (di Indonesia jam 15.00 WIB hingga 20.00 WIB), memulai yang dibeli dari TV Globo International dan TV Globo Brazil sebagai penulis Telenovela Sinhá-Moça, yang ditampilkan dalam bahasa Inggris. Relay pemrograman stasiun televisi portugal (RTPi) pada siang hari dan malam setelah Telenovela Brazil berjudul Fera Radical. TVTL juga mengudara di Indonesia khususnya di Nusa Tenggara Timur.

Siaran ini dioperasikan oleh satelit Telkom 1.

Program Berita[sunting | sunting sumber]

  • Telejornal (Seputar Timor Leste), pukul 17.00 sore.
  • Telejornal Português (Seputar Timor Leste Bahasa Portugis), pukul 18.00 petang.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]